PENGEMBANGAN COMIC MOBILE APPS PADA PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA
Ainun Widyawati, 4101416061 (2022) PENGEMBANGAN COMIC MOBILE APPS PADA PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan matematika. Banyak masalah kehidupan sehar-hari yang berkaiatan dengan matematika dan harus diselesaikan dengan matematika. Kemampuan masalah matematika menjadi salah satu hal yang sangat penting yang harus dimiliki oleh siswa. Melalui pembelajaran PBL berbantuan Comic mobile app diharapkan dapat berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pengembangan Comic mobile app pada problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. (2) Mengetahui pengaruh Comic mobile app pada problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE atau Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate. Berdasarkan hasi penelitian telah diperoleh produk berupa aplikasi Comic mobile app yang telah dinilai dan dievaluasi oleh ahli materi, ahli media, guru, dan 4 siswa mendapatkan nilai pada kategori baik. Aplikasi ini telah diimplementasikan di kelas VII-F SMP Negeri 1 Guntur tahun ajaran 2019/2020. Penelitian kuantitatif menggunakan desain Pretest-Posttest dengan dua macam perlakuan. Kedua kelas akan dikenai model PBL berbantuan Comic mobile app pada kelas eksperimen dan model pembelajaran PBL pada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi comic mobile app pada Problem Based Learning memiliki efek potensial terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa, hal ini dibuktikan dengan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen pada materi aritmatika sosial dengan aplikasi comic mobile app pada Problem Based Learning mencapai lebih dari KKM yang telah ditentukan, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen pada materi aritmatika sosial dengan aplikasi comic mobile app pada Problem Based Learning mencapai ketuntasan klasikal, rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang mengikuti pembelajaran PBL berbantuan Comic Mobile App lebih baik daripada rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada pembelajaran dengan model Problem Based Learning, peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen pada materi aritmatika sosial dengan comic mobile app pada Problem Based Learning terkategorikan tinggi dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada pembelajaran PBL comic mobile app lebih dari peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menggunakan PBL.Dengan ix demikian Comic Mobile App dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mathematical problem solving skills, Comic Mobile App, PBL. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 07:35 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 07:35 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61599 |
Actions (login required)
View Item |