STUDI DESKRIPTIF KECENDERUNGAN PEMBELIAN IMPULSIF BARANG VIRTUAL DALAM DUNIA GAME ONLINE


Mahendra Dewantoro, 1511415079 (2023) STUDI DESKRIPTIF KECENDERUNGAN PEMBELIAN IMPULSIF BARANG VIRTUAL DALAM DUNIA GAME ONLINE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Game online merupakan permainan yang dapat diakses oleh banyak orang dengan menggunakan media internet dan mesin – mesin yang digunakan dihubungkan dengan menggunakan jaringan. Game online berkembang sangatlah pesat pada setiap kalangan. Dalam dunia game online terdapat barang – barang virtual yang hanya dapat dipakai disana. Dengan pesatnya perkembangan game online dan duniaa virtual, berbanding lurus pula dengan penjualan barang – barang virtual. Intensitas pembelian yang berlebihan yang dilakukan oleh para pemain game tentunya akan mempunyai pengaruh buruk. Terbukti dengan banyaknya kasus dimana pemain game membeli barang virtual dengan jumlah dan harga yang berlebihan. Hal ini menunjukan adanya kecenderungan perilaku pembelian impulsif. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mencari tahu gambaran perilaku pembelian impulsif di kalangan pemain game yang membeli barang virtual. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian berjumlah 111 orang pemain game online yang pernah membeli barang virtual, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik incidental sampling. Data penelitian diambil menggunakan satu skala, yaitu skala Impulsive Buying Tendency yang disusun berdasarkan teori Verplanken & Herabadi (2001), yang terdiri dari 24 aitem valid dan koefisien reliabilitas sebesar 0,925. Validitas semua skala diuji dengan metode validitas isi berdasarkan penilaian expert judgment. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa kecenderungan perilaku pembelian impulsif barang virtual dalam dunia game berada dalam kategori rendah hingga tinggi, tetapi mayoritas subjek (55,86%) berada pada kategori rendah. Dengan mean empirik sebesar sebesar 47.694 yang menunjukan jika dilihat dalam rumus kategorisasi secara teori berada pada interval skor X<48 yang berarti mean empirik masuk dalam kategori rendah. Online games are games that can be accessed by many people using internet media and the machines used are connected by using a network. Online games are growing very rapidly in every circle. In the world of online games, there are virtual items that can only be used there. With the rapid development of online games and the virtual world, it is also directly proportional to the sale of virtual goods. The excessive intensity of purchases made by game players will certainly have a bad influence. Evidenced by the many cases where game players buy virtual goods at excessive amounts and prices. This shows the tendency of impulsive buying behavior. The purpose of this research is to find out the description of impulsive buying behavior among game players who buy virtual goods. This research is descriptive quantitative research. The research sample consisted of 111 online game players who had purchased virtual goods, sampling was carried out using the incidental sampling technique. Research data was taken using one scale, the Impulsive Buying Tendency Scale which was compiled based on the theory of Verplanken & Herabadi (2001), which consists of 24 valid items and a reliability coefficient of 0.925. The validity of all scales was tested by the method of content validity based on expert judgment. The results of this study found that the tendency of impulsive purchasing behavior of virtual goods in the game world was in the low to the high category, but the majority of subjects (55.86%) were in the low category. With an empirical mean of 47,694 which shows that if seen in the categorization formula theoretically it is in the X <48 score interval, which means the mean is in the low category.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelian impulsif, barang virtual, game online
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 29 Jan 2024 07:36
Last Modified: 29 Jan 2024 07:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61598

Actions (login required)

View Item View Item