KEEFEKTIFAN MODEL THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN CERITA PENDEK DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN HARJOSARI LOR 03 KABUPATEN TEGAL
Laelatul Khusniati, 1401415128 (2022) KEEFEKTIFAN MODEL THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN CERITA PENDEK DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN HARJOSARI LOR 03 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Mata pelajaran Bahasa Indonesia membahas tentang cerita pendek yaitu unsur-unsur cerita. Siswa lebih mudah memaahami materi pembelajaran apabila dalam penerapan pembelajarannya menggunakan model pembelajarn yang tepat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan mendeskripsi keefektifan model pembelajaran TPS terhadap minat dan hasil belajar Bahasa Indonesia materi cerita pendek pada siswa kelas V SDN Harjosari Lor 03 Kabupaten Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Jumlah populasi sebanyak 55 siswa, terdiri dari 28 siswa kelas VA dan 27 siswa kelas VB SD Negeri Harjosari Lor 03. Jenis teknik sampel yang digunakan adalah teknik saampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan melipurti wawancara, observasi, dokumentasi, kuesioner/angket minat belajar dan tes hasil belajar. analisis data peneltian menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat dan analisi akhir. Uji normalitas data menggunakan uji Lilliefors, dan uji homogenitas data menggunakan uji levene. Semua penghitungan diolah menggunakan program aplikasi SPSS versi 21. Hasil analisis data minat belajar dan hasil belajar siswa menggunakan uji one sample t-test, hasil analisis minta belajar menunjukan bahwa Thitung > Ttabel (2,678 > 2,055) dengan nilai signifikansinya (0,013 < 0,05). Dan hasil analisis hasil belajar menunjukan bahwa Thitung > Ttabel (3,966 > 2,055) dengan nilai signifikansinya (0,000 < 0,05). H0 diterima jika sig. (2-tailed) > 0,05 dan Thitung ≤ Ttabel dengan ini disimpulkan bahwa H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TPS terbukti efektif terhadap minat dan hasil belajar Bahasa Indonesia materi cerita pendek pada siswa kelas V. Hasil analisis hasil belajar siswa. Saran peneliti yaitu hendaknya guru dapat memilih dan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan materi dan karakteristik siswa
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model TPS, Minat Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 04:23 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 04:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61578 |
Actions (login required)
View Item |