PENGARUH MEDIA FILM ANIMASI BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATIC (STEM) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK
Yakhirotul Afifah, 4001417072 (2022) PENGARUH MEDIA FILM ANIMASI BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATIC (STEM) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Berpikir kritis merupakan suatu konsep yang kompleks, yang tidak hanya melibatkan kemampuan kognitif saja, tetapi juga melibatkan kepercayaan diri peserta didik. Terdapat beberapa indikator kemampuan berpikir kritis yaitu (1) memberikan penjelasan sederhana, (2) membangun keterampilan dasar, (3) menyimpulkan, (4) memberikan penjelasan lanjut, (5) mengatur strategi dan taktik. Hasil observasi di SMP N 19 Semarang menyatakan bahwa dari kelima indikator kemampuan berpikir kritis, peserta didik hanya mampu menguasai dua indikator saja. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik dianggap masih kurang. Oleh karena itu, diperlukan alternatif pembelajaran untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu salah satunya dengan menggunakan media film animasi berbasis STEM. Film animasi adalah media yang menciptakan khayalan gerak sebagai hasil pemotretan rangkaian gambar yang melukiskan perubahan posisi. STEM merupakan suatu pendekatan yang terdiri dari empat komponen yaitu sains, teknologi, teknik, dan matematika dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan media film animasi berbasis STEM sebagai media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Pengambilan data dilakukan di SMP Negeri 19 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian Quasi Eksperimental Design dengan bentuk Non equivalent Control Group Design. Sampel ditentukan dengan metode cluster random sampling, dengan analisis data akhir menggunakan t-test related, analisis data angket dan N�gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada penerapan pembelajaran menggunakan media film animasi berbasis STEM (Sains, Tecgnology, Engineering, and Mathematics). Hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis t-test related yaitu nilai
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media film animasi, STEM, kemampuan berpikir kritis |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) T Technology > Computer Engineering |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 02:32 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 02:32 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61562 |
Actions (login required)
View Item |