PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL IPA BERBASIS WEB HTML5 UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK SMP GENERASI Z


Vella Hanna Chairunissa, 4001417071 (2022) PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL IPA BERBASIS WEB HTML5 UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK SMP GENERASI Z. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat maju memberikan dampak ke segala bidang tidak terkecuali pada bidang pendidikan. Salah satu pemanfaatan teknologi yaitu dengan menyajikan materi dalam bentuk modul elektronik. Modul digunakan tidak hanya praktis serta berbasis teknologi tetapi juga maksimal kegunaan serta manfaatnya khususnya untuk peserta didik itu sendiri. Peserta didik adalah subyek utama dalam belajar dan mereka yang saat ini tengah menempuh pendidikan pada jenjang sekolah menengah pertama merupakan anak-anak yang terlahir pada era Generasi Z. Anak-anak yang tumbuh pada Generasi Z ini juga cenderung kurang menyukai adanya proses, pada umumnya mereka cenderung kurang sabar dan lebih menyukai sesuatu instan. Generasi Z pun harus memiliki self efficacy kuat agar dapat mencapai hasil yang sesuai. Berdasarkan observasi di SMP N 3 Ungaran, peserta didik mengeluhkan modul yang digunakan biasanya hanya berupa format PDF atau Ms. Word serta dijumpai self efficacy peserta didik yang rendah. Seorang peserta didik dengan self efficacy yang rendah, cenderung tidak ingin berupaya belajar agar dapat mengerjakan ujian karena tidak yakin bahwa belajar dapat membantunya dalam mengerjakan soal, pun pula sangat berpengaruh kepada peserta didik dalam menyelesaikan tugasnya agar mencapai hasil tertentu. Oleh karena itu, peneliti merancang desain modul digital IPA berbasis Web HTML5 untuk meningkatkan self efficacy peserta didik Generasi Z. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis karakteristik dan validitas modul digital IPA berbasis web HTML5 serta menganalisis apakah modul digital IPA berbasis web HTML5 dapat meningkatkan self efficacy peserta didik Generasi Z. Desain penelitian yang digunakan yaitu model penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Sugiyono (2012) menjadi beberapa tahapan yaitu identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji skala terbatas, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul digital IPA berbasis web HTML5 dapat meningkatkan self efficacy berdasarkan hasil pengisian angket self efficacy sebelum pemakaian modul digital IPA berbasis web HTML5 pada kriteria sangat rendah 0%, kategori rendah sebesar 32,35%, kategori tinggi sebesar 52,94%, dan kategori sangat tinggi sebesar 14,71% sedangkan setelah pemakaian modul digital IPA berbasis IPA web HTML5 kategori sangat tinggi sebesar 44,12%, kategori tinggi 55,88%, kategori rendah 0%, dan kategori sangat rendah 0%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul digital yang dikembangkan valid untuk digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan self efficacy peserta didik Generasi Z.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul digital, Web HTML5, Self Efficacy, Generasi Z
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:27
Last Modified: 29 Jan 2024 02:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61560

Actions (login required)

View Item View Item