MANAJEMEN IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS BUDAYA SEKOLAH ISLAMI DALAM ORIENTASI MUTU PENDIDIKAN DI SDI ATHIRAH MAKASSAR
Nur Azizah Abd. Rani 010252002, 010252002 (2023) MANAJEMEN IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS BUDAYA SEKOLAH ISLAMI DALAM ORIENTASI MUTU PENDIDIKAN DI SDI ATHIRAH MAKASSAR. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF (tesis)
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi manajemen kurikulum berbasis budaya sekolah islami dalam orientasi mutu pendidikan di SDI Athirah Makassar. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus intrinsik. Proses pengumpulan data ini dilakukan melalui teknik observasi, wawancara dan studi dokumen. Adapun data dan sumber data ini diperoleh oleh kepala sekolah, tim departemen manajemen kurikulum SDI Athirah, wakil kepala sekolah, guru, orang tua/wali murid, dan tokoh masyarakat setempat. Kemudian data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan cara analisis kualitati, yaitu hasil penelitian dirangkai dan dijabarkan dengan kata-kata membentuk kalimat sehingga peneliti dapat mendeskripsikan atau menjelaskan hasil penelitian secara mendalam sesuai dengan fakta atau keadaan di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam manajemen kurikulum berbasis budaya sekolah islami dalam orientasi mutu pendidikan di SDI Athirah Makassar meliputi: (1) Perencanaan dengan tahapan proses yaitu melakukan sosialisasi program dan penentuan jadwal. Proses perencanaan dilaksanakan pada tahun tiap tahun ajaran baru oleh para civitas sekolah termasuk para guru. (2) Pengorganisasian, terbagi atas dua hal yaitu berkaitan dengan tugas guru dan berkaitan dengan proses belajar. Pengorganisasian MK SDI Athirah ditetapkan oleh Departemen MK SDI Athirah dan yang bertanggung jawab atas hal tersebut ialah kepala sekolah. (3) Pelaksanaan MK SDI Athirah yaitu kegiatan sehari-hari sesuai sunnah Rasulullah SAW., kegiatan intrakurikuler dengan metode tadabbur, kegiatan T3Q dengan metode ummi, English class, kegiatan ekstrakurikuler Manhaj Rabbani. Pelaksanaan MK SDI Athirah merupakan serapan program QGDP berbasis budaya sekolah islami yang menggunakan triple kurikulum bernama kurikulum AIHES. (4) Evaluasi meliputi: evaluasi proses dan evaluasi hasil namun terkadang juga menggunakan model evaluasi context, input, process, product agar lebih beragam
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kurikulum, Budaya Sekolah. |
Subjects: | UNSPECIFIED |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 01:53 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 01:53 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61467 |
Actions (login required)
View Item |