Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pada Mata Pelajaran Penjasorkes di SMA Sederajat Kota Salatiga Tahun Ajaran 2010/2011


Charis Andi Nugroho, 6101406093 (2010) Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pada Mata Pelajaran Penjasorkes di SMA Sederajat Kota Salatiga Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pada Mata Pelajaran Penjasorkes di SMA Sederajat Kota Salatiga Tahun Ajaran 2010/2011.]
Preview
PDF (Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pada Mata Pelajaran Penjasorkes di SMA Sederajat Kota Salatiga Tahun Ajaran 2010/2011.) - Submitted Version
Download (282kB) | Preview

Abstract

Latar belakang: Indonesia merupakan suatu negara yang banyak mengalami masalah terutama mutu pendidikan, Perubahan kurikulum pertama kali adalah leer plan terakhir sampai KTSP. Melihat karakteristik wilayah, potensi daerah, sosial budaya masyarakat setempat dan peserta didik yang amat beragam dan berbedabeda maka pemerintah meciptakan kurikulum yang disebut KTSP Kota Salatiga memiliki 9 SMA dan 15 SMK yang dulunya banyak sekolah yang bubka dan telah tutup.. Sosialisasi KTSP adalah melalui MGMP namun di Kota Salatiga kegiatan tersebut tidak berjalan lancar, akhirnya guru penjasorkes hanya melalui Kepala sekolah saja. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: “Bagaimana Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pada Mata Pelajaran Penjasorkes di SMA Sederajat Kota Salatiga Tahun Ajaran 2010/2011”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pada Mata Penjasorkes Di SMA Sederajat Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2010/2011. Subjek penelitian ini adalah guru Penjasorkes SMA sederajat Kota Salatiga tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 44 guru. Variabel dalam penelitian ini adalah pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada mata pelajaran Penjasorkes Tahun ajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuisioner, dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pada Mata Pelajaran Penjasorkes di SMA Sederajat Kota Salatiga Tahun Ajaran 2010/2011 termasuk dalam kategori sangat baik, hal ini ditunjukkan dengan tingkat pemahaman yang baik oleh guru mengenai KTSP berkaitan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, dengan bobot prosentase 64% dengan jumlah guru 28 telah melakukan perencanaan dengan sangat baik, 41% dengan jumlah guru 18 telah melakukan pelaksanaan pembelajaran dengan sangat baik, dan 77% dengan jumlah guru 34 melakukan evaluasi hasil pembelajaran dengan sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut maka penulis menyimpulkan bahwa pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada mata pelajaran Penjasorkes Tahun ajaran 2010/2011 termasuk dalam kategori baik, hal itu ditunjukkan dari hasil penelitian guru Penjasorkes dapat melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dengan baik. Oleh karena itu penulis menyarankan agar (1) Guru-guru Penjasorkes agar lebih meningkatkan pemahaman konsep pembelajaran berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidika.(2) MGMP dioptimalisasikan dengan berbagai pemahaman terhadap Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, sehingga guru Penjasorkes di Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat Kota Salatiga mampu melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga, Kesehatan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 30 Mar 2011 10:13
Last Modified: 25 Apr 2015 04:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/614

Actions (login required)

View Item View Item