PENGARUH FILM ANIMASI “HURUF HIJAIYAH BERSAMA DIVA” TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENGHAFAL HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI


Ahmad Nur Wakhid, 0108517017 (2022) PENGARUH FILM ANIMASI “HURUF HIJAIYAH BERSAMA DIVA” TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENGHAFAL HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan membaca dan menghafal merupakan kemampuan bahasa reseptif yang saling berkaitan dan sangat penting untuk diperhatikan dan ditingkatkan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan membaca dan menghafal adalah dengan cara memberikan media pembelajaran yang menarik. Media yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal pada anak usia dini adalah media film animasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh film animasi Huruf Hijaiyah Bersama Diva terhadap Kemampuan membaca dan menghafal anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimental dengan desain nonequivalent control group. Populasi penelitian adalah seluruh anak usia dini usia 5-6 tahun yang berada di dalam TK Islam Miftahul Jannah Ngaliyan Semarang yang berjumlah 30 anak. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling karena melibatkan anak usia dini dalam penelitian. Sampel yang terlibat pada penelitian ini telah bersedia dan memperoleh persetujuan dari orangtua dan guru untuk terlibat dalam penelitian ini. Skor kemampuan membaca dan menghafal pada anak usia dini dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan catatan anekdot. Analisis data pada penelitian ini meliputi analisis data deskriptif dan analisis data inferensial yaitu menggunakan uji t dengan bantuan SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan film animasi terhadap kemampuan membaca dan menghafal pada anak usia dini. Pengaruh film animasi Huruf Hijaiyah Bersama Diva terhadap Kemampuan membaca sebesar 81,29%. Adapun pengaruh film animasi Huruf Hijaiyah Bersama Diva terhadap Kemampuan menghafal sebesar 53,51%. Film animasi merupakan media yang menjadi solusi efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal. Hasil pada penelitian ini relevan dengan penelitian sebelumnya, namun pada penelitian ini tidak hanya membahas pengaruh multimedia film animasi terhadap membaca dan menghafal, pada penelitian ini secara khusus mengungkap peran guru dalam membimbing anak ketika menonton film animasi Huruf Hijaiyah Bersama Diva terhadap kemampuan membaca dan menghafal pada anak usia din

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Film Animasi, Membaca, Menghafal
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Anak Usia Dini, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 17 Jan 2024 06:41
Last Modified: 17 Jan 2024 06:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61398

Actions (login required)

View Item View Item