Penerapan Model STAD dengan Slide Presentation untuk Mengaktifkan dan Mencapai Ketuntasan Belajar Siswa Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan di SMA N 2 Demak
Malikah, 2009 (2009) Penerapan Model STAD dengan Slide Presentation untuk Mengaktifkan dan Mencapai Ketuntasan Belajar Siswa Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan di SMA N 2 Demak. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Penerapan Model STAD dengan Slide Presentation untuk Mengaktifkan dan Mencapai Ketuntasan Belajar Siswa Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan di SMA N 2 Demak)
- Published Version
Download (86kB) | Preview |
Abstract
Mulikah. 2009. “Penerapan Model STAD dengan Slide Presentation untuk Mengaktifkan dan Mencapai Ketuntasan Belajar Siswa Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan di SMA N 2 Demak”. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang. Ir. Pramesti Dewi, M. Si dan Parmin, S. Pd, M. Pd. Observasi awal terhadap kegiatan pembelajaran di kelas XI IPA 4 SMA N 2 Demak pada semester gasal tahun ajaran 2008/2009 dapat diketahui bahwa suasana kegiatan pembelajaran terutama kegiatan diskusi kelas, siswa masih terlihat pasif dan penggunaan media kurang sesuai untuk penyampaian materi pelajaran dengan kondisi kelas yang besar. Dari hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Biologi diperoleh informasi bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi sistem pencernaan makanan, sehingga ketuntasan belajar yang dicapai untuk materi tersebut pada tahun ajaran 2007/2008 baru mencapai 37,84%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model STAD dengan slide presentation dapat mengaktifkan dan mencapai ketuntasan belajar siswa pada materi pokok sistem pencernaan makanan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4. Faktor yang diteliti adalah keaktifan siswa, ketuntasan belajar siswa dan kinerja guru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes tertulis, angket dan wawancara. Metode analisis data dilakukan secara analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang aktif yaitu mencapai keaktifan 85% ditunjukkan pada siklus III yaitu sebesar 88,10%. Sedangkan siswa yang tuntas dengan ketuntasan belajar ≥ 65 untuk masing-masing siklus adalah 80,95% pada siklus I, 90,48% pada siklus II dan 100% pada siklus III, sehingga ketuntasan belajar siswa pada materi pokok sistem pencernaan makanan tercapai. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model STAD dengan slide presentation dapat mengaktifkan dan mencapai ketuntasan belajar siswa pada materi pokok sistem pencernaan makanan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model STAD, slide presentation, keaktifan, ketuntasan belajar dan materi pokok sistem pencernaan makanan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 25 Oct 2011 01:59 |
Last Modified: | 25 Oct 2011 01:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6139 |
Actions (login required)
View Item |