PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA TERINTEGRASI MITIGASI BENCANA TANAH LONGSOR DAN SAINS ISLAM PADA MATERI HUKUM NEWTON UNTUK GRAVITASI DI MA MUWAHIDUN


Muhammad Gibran Alif Prasetya, 4201419003 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA TERINTEGRASI MITIGASI BENCANA TANAH LONGSOR DAN SAINS ISLAM PADA MATERI HUKUM NEWTON UNTUK GRAVITASI DI MA MUWAHIDUN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan bencana tanah longsor di Kecamatan Gembong yang disebabkan letaknya kecamatan ini dibawah kaki Gurung Muria, mayoritas sekolah islam setingkat SMA yaitu MA (Madrasah Aliyah) di kecamatan, pembelajaran pada sekolah Islam belum menyisipkan nilai-nilai keislaman dalam kegiatan pembelajaran, dan belum adanya buku ajar fisika yang mengintegrasikan berbagai disiplin keilmuan. Perlu adanya bahan ajar yang mengintegrasikan mitigasi bencana tanah longsor dan sains Islam khususnya pada sekolah Islam di daerah rawan longsor untuk memberi bekal pengetahuan dan kesiapsiagaan bencana serta menanamkan nilai-nilai Islam sehingga diharapkan dapat meningkatkan keimanan peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar fisika yang terintegrasi pendidikan kebencanaan tanah longsor dan sains Islam, mengetahui hasil validitas ahli, dan untuk mengetahui respon peserta didik di MA Muwahidun terhadap bahan ajar fisika yang terintegrasi pendidikan kebencanaan tanah longsor dan sains Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan prosedur penelitian pengembangan menurut Borg and Gall. Penelitian ini menghasilkan suatu produk bahan ajar fisika terintegrasi mitigasi bencana tanah longsor dan sains Islam yang sangat layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan penilaian dari validator ahli dengan persentase kalayakan 80,41%. Selain itu, bahan ajar fisika terintegrasi mitigasi bencana tanah longsor dan sains Islam pada materi Hukum Newton untuk Gravitasi dinyatakan mudah dipahami oleh peserta didik dengan persentase keterbacaan 90% dengan kategori wacana mudah dipahami. Serta mendapat respon sangat positif dari peserta didik dengan persentase skor rata-rata sebesar 86,44%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Integrasi Mitigasi Bencana Tanah Longsor dan Sains Islam, Hukum Newton untuk Gravitasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:53
Last Modified: 17 Jan 2024 03:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61376

Actions (login required)

View Item View Item