Studi Deskriptif Tentang Hambatan-Hambatan Pada Proses Pembelajaran Tematik Di Kelas 2 Sekolah Dasar di Kecamatan Mejobo Kudus Tahun Ajaran 2008/2009


Resti Arif nur Wahyuni, 2008 (2008) Studi Deskriptif Tentang Hambatan-Hambatan Pada Proses Pembelajaran Tematik Di Kelas 2 Sekolah Dasar di Kecamatan Mejobo Kudus Tahun Ajaran 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Studi Deskriptif Tentang Hambatan-Hambatan Pada Proses Pembelajaran Tematik Di Kelas 2 Sekolah Dasar di Kecamatan Mejobo Kudus Tahun Ajaran 2008/2009]
Preview
PDF (Studi Deskriptif Tentang Hambatan-Hambatan Pada Proses Pembelajaran Tematik Di Kelas 2 Sekolah Dasar di Kecamatan Mejobo Kudus Tahun Ajaran 2008/2009) - Published Version
Download (53kB) | Preview

Abstract

Arif Nur Wahyuni, Resti. 2008. ”Studi Deskriptif Tentang Hambatan-Hambatan Pada Proses Pembelajaran Tematik Di Kelas 2 Sekolah Dasar di Kecamatan Mejobo Kudus Tahun Ajaran 2008/2009”. Skripsi. Jurusan Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Dra. Hj. Awalya, M.Pd dan Dra. Hj. SS. Dewanti, M.Pd Kata kunci: hambatan-hambatan pembelajaran tematik Pembelajaran tematik adalah solusi terbaik guna melatih anak untuk berpikir kreatif. Akan tetapi sesuatu yang baru belum tentu dapat dilakukan dengan baik oleh pelaksana seperti guru. Pembelajaran yang kreatif dan inovatif dalam rangka peningkatan keberhasilan proses kegiatan belajar mengajar sangat diperlukan bagi siswa kelas rendah, terutama dengan metode pembelajaran tematik Survey awal melalui observasi dan wawancara, ditemukan fakta tentang pembelajaran tematik. Guru Sekolah Dasar tidak maksimal dalam melaksanakan pembelajaran tematik karena kurangnya pemahaman tentang pembelajaran tematik secara utuh, belum disesuaikannya waktu pelaksanaan, minimnya sumber-sumber belajar yang ada, dan sarana prasarana yang belum lengkap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hambatan-hambatan yang ditemui oleh guru di kelas 2 Sekolah Dasar dalam pelaksanaan pembelajaran tematik di dalam kelas. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh guru di kelas 2 Sekolah Dasar di Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus tahun ajaran 2008/2009, berjumlah 45 orang guru. Sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik probability sample atau sampel wilayah, karena terdapat perbedaan ciri antara sekolah yang satu dengan yang lain, dan berjumlah 30 orang guru. Peneliti memilih angket sebagai metode pengumpulan data karena angket mempunyai karakteristik khusus, yaitu mengungkap fakta-fakta yang ada di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hambatan dalam proses pembelajaran tematik, yaitu sebesar42,75%. Hambatan-hambatan tersebut terbagi menjadi 3, yaitu tahap persiapan, pengelolaan kelas dan perkiraan jadwal kegiatan. Hambatan pada tahap persiapan terjadi pada saat menentukan tema, membuat pemetaan, membuat jaringan tema dan menciptakan model pembelajaran. Hambatan pada pengelolaan kelas terjadi pada saat kegiatan penyesuaian tema, penggunaan metode, pengelolaan kegiatan dan pengorganisasian ruangan. Terahir, hambatan terjadi pada perkiraan jadwal kegiatan pembukaan, inti dan penutup. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hambatan-hambatan pada proses pembelajaran tematik yang dialami oleh guru di kelas 2 Sekolah Dasar di Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus tahun ajaran 2008/2009 tergolong kriteria sedang. Untuk mengatasi hambatan-hambatan pada proses pembelajaran tematik tersebut, sekolah hendaknya memberikan fasilitas yang baik guna menyikapi adanya pelaksanaan pembelajaran tematik, seperti kerjasama dengan Diknas tentang pengadaan seminar dan Diklat tentang pembelajaran tematik kepada guru-guru pemegang pelajaran tersebut. Selain itu, guru sebagai pengembang dan pelaksana pembelajaran tematik di lapangan dituntut untuk memiliki pemahaman yang utuh tentang pembelajaran tematik di Sekolah Dasar, baik dari sisi perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi. Kerja sama dengan guru kelas lain dalam bentuk team teching atau diskusi dan simulasi microteaching dalam forum Daerah Binaan (Dabin) dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hambatan-hambatan pembelajaran tematik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Oct 2011 01:33
Last Modified: 25 Oct 2011 01:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6126

Actions (login required)

View Item View Item