ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN BAHASA INDONESIA KELAS X SMA NEGERI 1 KEJOBONG TAHUN PELAJARAN 2021/2022 BERBASIS HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILLS)


Hasnah Setiani, 2101419035 (2023) ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN BAHASA INDONESIA KELAS X SMA NEGERI 1 KEJOBONG TAHUN PELAJARAN 2021/2022 BERBASIS HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILLS). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penilaian pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang harus dilaksanakan untuk mengetahui ketercapaian kemampuan peserta didik dan ketercapaian tujuan pendidikan. Proses penilaian menitikberatkan pada kebutuhan pendidik untuk mengetahui hasil belajar peserta didik serta melihat sejauh mana materi yang diajarkan sudah mencapai kompetensi tujuan. Salah satu bentuk penilaian yang dilakukan oleh pendidik melalui satuan pendidikan yaitu Penilaian Akhir Tahun (PAT) yang bertujuan untuk mengetahui pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran satu semester genap. Alat yang digunakan dalam kegiatan penilaian yang berbentuk butir soal harus memenuhi kriteria butir soal yang berkualitas baik. Untuk mengetahui kualitas atau kelayakan alat evaluasi pembelajaran berupa butir soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) diperlukan adanya analisis butir soal. Penelaahan butir soal penilaian dilakukan untuk mengukur kemampuan peserta didik sudah dikategorikan layak atau sebaliknya. Analisis butir soal meliputi analisis secara kualitatif meliputi analisis aspek materi, konstruksi, bahasa/budaya serta analisis secara kuantitatif meliputi aspek validitas, reliabititas, tingkat kesukaran, efektivitas pengecoh, dan daya pembeda. Pokok penanaman kemampuan berpikir kritiis diintegrasi dalam komponen pembelajaran seperti materi atau bahan pelajaran, metode pembelajaran, dan tak lain ada evaluasi pembelajaran. Butir soal penilaian dapat berbasis pada muatan soal yang melatih dan mendorong kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui soal-soal yang berorientasi HOTS (High Order Thinking Skills). Kualitas alat penilaian pembelajaran harus diperhatikan karena hasil analisis dari kegiatan evaluasi menjadi pertimbangan dalam pengambilan keputusan dan penindaklanjutan kegiatan pembelajaran. Berkaitan dengan hal tersebut maka peneliti bermaksud untuk melakukan penelitian analisis butir soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) bahasa Indonesia kelas X SMA Negeri 1 Kejobong tahun ajaran 2021/2022 untuk mengetahui kualitas alat evaluasi pembelajaran yang digunakan pendidik untuk mengukur kemampuan peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kuantitatif deskriptif dan metode kualitatif. Sampel data pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kejobong sebanyak 206 peserta didik. Sumber data dalam penelitian ini yaitu dari tim panitia pelaksana PAT SMA Negeri 1 Kejobong dan pendidik pengampu mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X SMA Negeri 1 Kejobong menggunkan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif menggunakan teknik model interaktif oleh Miles dan Huberman. Data kuantitatif dianalisis menggunakan bantuan program Anates 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal yang dianalisis secara kualitatif yang ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa menduduki kategori kriteria soal yang baik sehingga soal Penilaian Akhir Tahun layak untuk diujikan ix kepada peserta didik. Hasil analisis butir soal secara kuantitatif yang ditinjau dari aspek validitas yaitu sebanyak 46 (92%) butir soal berkategori “valid” dan sebanyak 4 (8%) butir soal berkategori “tidak valid”. Pada aspek reliabilitas, butir soal memiliki reliabilitas yang “sangat tinggi” dengan angka koefisien 0,79. Pada aspek daya pembeda sebanyak 1 (2%) butir soal memiliki daya pembeda negatif, sebanyak 7 (14%) butir soal memiliki daya pembeda yang jelek, sebanyak 23 (46%) butir soal memiliki daya pembeda yang cukup baik, sebanyak 18 (36%) butir soal memiliki daya pembeda yang baik, dan sebanyak 1 (2%) butir soal memiliki daya pembeda yang sangat baik. Pada aspek efektivitas pengecoh sebanyak 3 (6%) butir soal memliki efektivitas pengecoh yang sangat baik, sebanyak 4 (9%) memiliki efektivitas pengecoh yang baik, sebanyak 17 (36%) butir soal memiliki efektivitas pengecoh yang cukup baik, sebanyak 17 (36%) butir soal memiliki efektivitas pengecoh yang kurang baik, dan sebanyak 6 (13%) butir soal memiliki efektivitas pengecoh yang tidak baik. Pada aspek tingkat kesukaran sebanyak 5 (10%) butir soal berkategori soal sukar, sebanyak 25 (50%) butir soal berkategori soal sedang, dan sebanyak 20 (40%) butir soal berkategori soal mudah. Hasil analisis soal tipe HOTS pada soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) menunjukkan bahwa sebanyak 4 (8%) soal berlevel C1 (mengingat), 18 (36%) soal berlevel C2 (memahami), 12 (24%) soal berlevel C3 (menerapkan), 15 (30%) soal berlevel C4 (menganalisis), 1 (2%) soal berlevel C5 (mengevaluasi), dan 0 soal berlevel C6 (mencipta). Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan refleksi bagi pendidik untuk menyusun soal penilaian yang berkualitas baik, dapat memberi masukan bagi sekolah untuk menyosialisasikan perangkat aplikasi praktis yang memudahkan dalam menganalisis butir soal kuantitatif seperti perangkat aplikasi Anates, dan menjadi referensi bagi peneliti selanjutnya agar dapat menganalisis butir soal baik secara kualitatif maupun kuantitatif yang selanjutnya dapat mengkorelasikan atau menghubungkan konsep analisis kualitatif dengan kuantiatif terhadap hasil penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: butir soal, Penilaian Akhir Tahun (PAT), analisis kuantitatif, analisis kualitatif, High Order Thinking Skills (HOTS)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:41
Last Modified: 15 Jan 2024 07:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61255

Actions (login required)

View Item View Item