MANAJEMEN PROGRAM SEKOLAH DASAR SEKOLAH ALAM BOSOWA MAKASSAR
ROSIKA INDRI KARADONA, 0102520016 (2023) MANAJEMEN PROGRAM SEKOLAH DASAR SEKOLAH ALAM BOSOWA MAKASSAR. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Manajemen Program Sekolah Dasar Sekolah Alam Bosowa diinisiasi untuk menjawab kebutuhan orang tua akan sekolah formal yang ramah anak dan dengan lingkungan yang sehat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi sumber. Untuk teknik pengumpulan datanya melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang peneliti lakukan adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Fokus penelitian ini ialah mengungkap Manajemen Program Sekolah Dasar Sekolah Alam Bosowa melalui gambaran program Sekolah Alam dari 4 fungsi manajemen perencanaan, pengorganisasian, pengimplementasian, evaluasi dan pencapaian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa informasi dan data di lapangan tentang pengelolaan program Sekolah Dasar Sekolah Alam Bosowa sesuai dengan 8 fokus yang harus dipenuhi dalam Sekolah Alam Bosowa dari ke 8 fokus ini dapat dikembangkan ke dalam program-program Sekolah Alam. Sekolah Alam Bosowa menerapkan kurikulum khas Sekolah Alam Bosowa dan Kurikulum Merdeka Belajar yang dikombinasikan dan fokus pada delapan hal yakni, pembinaan akhlak, kepemimpinan, logika berpikir, jiwa wirausaha, Berkebinekaan Global, Bergotong Royong, Bermoral Kritis, Mandiri. Sekolah terpadu yang dinamis berbasis tahap perkembangan anak berdasarkan nilai Al-Quran dan Hadits. Lingkungan belajar yang didasarkan pada keyakinan bahwa setiap siswa adalah individu yang unik dengan kemampuan, kelebihan, bakat potensi untuk di kembangkan masing-masing. Proses pembelajaran baik di kelas maupun di luar kelas mengandung nilai filosofi, yaitu Smart, Islamic, Disciplined, Innovative, dan Competitive yang mengembangkan potensi intelektual, sosial, dan spiritual siswa. Dengan demikian, Sekolah Alam tidak hanya menekankan pada aspek kognitif saja melainkan berbagai aspek lainnya yang sangat penting bagi kehidupan siswa di masa depan. Simpulan perencanaan program sekolah alam dengan terintegrasi kurikulum sekolah alam dan merdeka belajar, pengorganisasian terlaksana dengan adanya struktur tugas dan penempatan sumber daya manusia (SDM), pelaksanaannya dengan terlaksana program-program unggulan dan inovasi sekolah alam, evaluasi dilaksanakan melalui observasi harian dan evaluasi mingguan “daily report” untuk mengungkap 6 domain anak, pencapaian hasil belajar terkait dengan karakter yang SIDIC di Sekolah Alam Bosowa. Saran bagi sekolah untuk memperbaharui informasi berkenaan dengan Sekolah Alam Bosowa di portal sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Program Sekolah Dasar Sekolah Alam |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 02:21 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 02:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61202 |
Actions (login required)
View Item |