MEMBANGUN DINAMIKA CITY BRANDING KABUPATEN TEMANGGUNG DALAM MENARIK MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN
Agung Santoso, 7311415074 (2023) MEMBANGUN DINAMIKA CITY BRANDING KABUPATEN TEMANGGUNG DALAM MENARIK MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (794kB) | Request a copy |
Abstract
Pariwisata memegang perana yang sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara Peran pariwisata tidak hanya dirasakan di negara-negara sedang berkembang melainkan juga di negara-negara maju. Salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk mengembangkan pariwisata adalah melalui strategi pemasaran dengan menggunakan metode City Branding. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi City Branding pariwisata di Kabupaten Temanggung, untuk mengetahui strategi membangun City Branding pada Pariwisata Kabupaten Temanggung, dan untuk mengetahui peran City Branding pada Pariwisata Kabupaten Temanggung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kepustakaan atau literature review. Data yang digunakan adalah data sekunder yang berasal dari penelitian terdahulu yang telah diterbitkan dalam jurnal nasional dan internasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi dalam membangun City Branding di Kabupaten Temanggung dapat dilakukan dengan menerapkan pembentukan brand personality, brand postitioning dan brand identity selain itu penguunaan media internet dan media cetak juga dapat dioptimalkan sebagai sarana promosi dan sosiallisasi pemasaran pariwisata daerah. Tantangan yang dihadapi oleh Pemerintah Daerah dan Pengelola Pariwisata saat ini berkaitan dengan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang rendah, peran sistem pendukung yang kurang optimal, serta kebijakan dan peraturan yang kurang efektif. Salah satu kunci bagi pengelola pariwisata untuk tetap bisa bertahan pada masa saat ini adalah dengan melakukan adaptasi dengan perubahan-perubahan pasar, baik perubahan permintaan (demand) dengan melakukan inovasi produk sesuai dengan kebutuhan masyarakat di era new normal saat ini. Para pelaku Pengelola Pariwisata harus mampu harus mampu menyusun strategi-strategi pemulihan bisnis sebagai bagian dari adaptasi untuk dapat bertahan dan juga tetap berkembang dalam kondisi saat ini.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | City Branding, Pariwisata Kabupaten Temanggung, Minat Berkunjung |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Education Management |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 12 Jan 2024 07:16 |
Last Modified: | 12 Jan 2024 07:16 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61190 |
Actions (login required)
View Item |