Pengembangan Strategi Membaca Teks Ilmiah Berkonten IPA Menggunakan Aktivitas Argumentasi-Kritis bagi Mahasiswa Calon Guru IPA


SISWANTO, 0402619012 (2023) Pengembangan Strategi Membaca Teks Ilmiah Berkonten IPA Menggunakan Aktivitas Argumentasi-Kritis bagi Mahasiswa Calon Guru IPA. Doctoral thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 0402619012_Siswanto.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Membaca merupakan aktivitas penting yang harus dilakukan dalam proses pembelajaran IPA. Selain melalui aktivitas hands on, pelatihan keterampilan berpikir tingkat tinggi seperti keterampilan berpikir kritis dan berargumentasi juga dapat dilakukan melalui aktivitas membaca (minds on). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah strategi membaca teks ilmiah berkonten IPA bagi mahasiswa calon guru IPA untuk melatihkan keterampilan berpikir tingkat tinggi, dalam hal ini keterampilan berargumentasi dan berpikir kritis. Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis keefektifan strategi yang dikembangkan dalam meningkatkan keterampilan pemahaman membaca, keterampilan berargumentasi (baik aspek kelengkapan organ maupun keilmiahan), keterampilan berpikir kritis, dan motivasi membaca (baik motivasi sebelum dan setelah membaca, maupun motivasi selama membaca). Dalam uji keefektifan, dilakukan uji skema antara strategi yang diterapkan secara individu dengan berkelompok. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis hubungan antara keterampilan pemahaman membaca dengan keterampilan berpikir kritis, keterampilan berargumentasi, dan motivasi membaca Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method dengan desain embedded experimental model yang terdiri dari tiga tahapan. Ketiga tahapan tersebut yaitu tahap penyusunan strategi membaca yang dilakukan menggunakan teknik fuzzy delphi, tahap kuasi eksperimen untuk melakukan uji keefektifan strategi, dan tahap interpretasi data. Pada penelitian ini, dikembangkan instrumen berupa instrumen tes keterampilan berpikir kritis, keterampilan berargumentasi, keterampilan pemahaman membaca, dan angket motivasi membaca. Instrumeninstrumen tersebut diuji validitas dan reliabilitasnya dengan hasil uji valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dihasilkan tahapan dalam strategi membaca menggunakan aktivitas argumentasi kritis yang dapat diterapkan dalam proses perkuliahan bagi mahasiswa calon guru IPA. Tahapan yang dihasilkan meliputi: a) tahap memprediksi tujuan dan isi teks, b) tahap menjelaskan fenomena, c) tahap membaca dengan tanya jawab argumentasi kritis, d) tahap melakukan evaluasi prediksi tujuan, isi, dan penjelasan fenomena. Strategi yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan keterampilan pemahaman membaca (jika dilakukan secara individu, n-gain = 0,58 dengan kategori pengaruh yangvi besar dan jika dilakukan berkelompok, n-gain = 0,69 dengan kategori pengaruh yang besar), keterampilan berargumentasi mahasiswa baik dari aspek kelengkapan organ (jika dilakukan secara individu, n-gain = 0,65 dengan kategori pengaruh yang besar dan jika dilakukan berkelompok, n-gain = 0,8 dengan kategori pengaruh yang besar) maupun aspek keilmiahan argumentasi yang disusun (jika dilakukan secara individu, n-gain = 0,61 dengan kategori pengaruh yang besar dan jika dilakukan berkelompok, n-gain = 0,77 dengan kategori pengaruh yang besar), keterampilan berpikir kritis (jika dilakukan secara individu, n-gain = 0,56 dengan kategori pengaruh yang besar dan jika dilakukan berkelompok, n-gain = 0,68 dengan kategori pengaruh yang sedang). Selain itu, strategi yang dikembangkan juga efektif dalam meningkatkan motivasi antara sebelum dan setelah membaca (jika dilakukan secara individu, n-gain = 0,57 dengan kategori pengaruh yang besar dan jika dilakukan berkelompok, n-gain = 0,62 dengan kategori pengaruh yang sedang), serta motivasi selama membaca (jika dilakukan secara individu, nilai = 3,32 dengan kategori capaian tinggi dan jika dilakukan berkelompok, nilai 3,51 dengan kategori capaian tinggi). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dengan kategori kuat antara keterampilan pemahaman membaca dengan keterampilan berpikir kritis, keterampilan berargumentasi, dan motivasi membaca.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: strategi membaca, argumentasi, berpikir kritis, keterampilan pemahaman membaca, motivasi membaca
Subjects: L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S3
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:12
Last Modified: 12 Jan 2024 02:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61144

Actions (login required)

View Item View Item