PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI KECANTIKAN MAHASISWA TATA KECANTIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
Tridewi Setiawati, 5402418022 (2023) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI KECANTIKAN MAHASISWA TATA KECANTIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
TikTok menjadi media sosial populer yang menyuguhkan beragam macam konten, yakni konten yang berisi hiburan, informasi, edukasi bahkan bersifat persuasif. Konten kecantikan masuk peringkat ketiga dari lima kategori video yang paling banyak ditonton. Mahasiswa program studi pendidikan tata kecantikan memanfaatkan TikTok sebagai sumber untuk mendalami ilmu kecantikan dalam pemenuhan kebutuhan informasi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana “Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Kecantikan Mahasiswa Tata Kecantikan Universitas Negeri Semarang”. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif nonekperimental dengan menggunakan metode survey. Teknik pengumpulan data berupa angket. Desain penelitian adalah desain kausal yaitu Pemanfaatan Media Sosial TikTok sebagai variabel independen/bebas (X) dan Kebutuhan Informasi Kecantikan Mahasiswa Tata Kecantikan Universitas Negeri Semarang sebagai variabel dependen/terikat (Y). Sampel penelitian 91 dari jumlah populasi 118 mahasiswa aktif program studi tata kecantikan angkatan 2019 dan 2018. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan positif antara pemanfaatan media sosial TikTok terhadap pemenuhan kebutuhan informasi kecantikan pada mahasiswi tata kecantikan Universitas Negeri Semarang. Hasil perhitungan dapat disimpulkan adanya pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 83% dan selebihnya 17% dari faktor lain yang tidak menjadi ranah yang diteliti dalam penelitian ini, dari hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh signifikan pemanfaatan TikTok dimana mahasiswa dapat menambah wawasan dan ilmu terkait tata kecantikan, media sosial TikTok terbukti menyuguhkan tayangan informatif ilmu kecantikan up to date make up,hair do, nail art, serta perawatan wajah, tubuh dan rambut.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Tiktok, Informasi, Tata Kecantikan. |
Subjects: | T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY1 Kesejahteraan Keluarga S1 |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 11 Jan 2024 03:55 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 03:55 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61094 |
Actions (login required)
View Item |