ANALISIS STRATEGI BELAJAR MANDIRI (SELF DIRECTED LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA JURUSAN TATA BOGA DI SMK NEGERI 1 KUDUS


Zunari Hamro, 1102416007 (2022) ANALISIS STRATEGI BELAJAR MANDIRI (SELF DIRECTED LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA JURUSAN TATA BOGA DI SMK NEGERI 1 KUDUS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102416007 Zunari Hamro.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran secara daring menuntut siswa untuk dapat belajar secara mandiri. Tetapi, kemampuan siswa dalam belajar mandiri tergolong rendah dan ditemukan desain dan strategi implementasi pembelajaran daring yang buruk, secara tidak langsung memberikan pada keputusan siswa untuk tetap terlibat atau tidak selama pembelajaran daring dan akibatnya juga siswa harus menghadapi sejumlah tantangan dalam pembelajaran daring. Secara umum salah satu tantangan terbesar bagi siswa dalam pembelajaran daring yaitu siswa harus beradaptasi dengan budaya baru Pelaksanaan pembelajaran daring mengubah cara belajar siswa SMK Negeri 1 Kudus di sekolah. Hal tersebut membuat siswa kesulitan merencanakan dan mengevaluasi pembelajaran mereka sendiri dan sulitnya guru dalam memantau belajar mandiri siswa selama pembelajaran daring. Pentingnya guru mengetahui apa itu SDL dengan menerjemahkan 3 komponen SDL kedalam indikator perilaku agar guru mudah mengamati dan mendorong siswanya untuk terlibat SDL selama pembelajaran daring.Rumusan masalah penelitian ini mengenai bagaimana strategi belajar mandiri siswa SMK Negri 1 Kudus dalam perencanaan, monitoring dan evaluasi selama pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi yaitu dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana strategi siswa dalam belajar mandiri (self directed learning) selama pembelajaran daring. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu Guru dan Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Kudus. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa tahap perencanaan dalam belajar mandiri selama pembelajaran daring oleh siswa lebih berfokus pada self management dalam merancang dan merencanakan proses belajar sesuai dengan kebutuhan belajarnya. Tahap monitoring dalam belajar mandiri selama pembelajaran yang dilakukan oleh siswa pada tahap ini focus pada self management dan self monitoring. Tahap evaluasi dalam pembelajaran daring yang dilakukan oleh olsiswa, lebih menekankan pada self monitoring pada aspek metagoknitif

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Self directed learning, belajar mandiri, pembelajaran daring
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 11 Jan 2024 02:49
Last Modified: 11 Jan 2024 02:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61080

Actions (login required)

View Item View Item