BENTUK DAN MAKNA NAMA-NAMA BATIK TEGAL


Mukhammad Subhan, 2601416089 (2022) BENTUK DAN MAKNA NAMA-NAMA BATIK TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pemberian nama-nama batik Tegal muncul dari suatu komunitas pengrajin batik Tegal. Namun terkadang pemberian nama itu asal saja. Bagi orang awam di luar komunitas penghasil batik, perbedaan nama-nama batik sering membingungkan. Bahkan kebanyakan mereka hanya sekedar memakai batik tanpa mengetahui nama, makna, dan perbedaan cirinya. Oleh karena itu, nama-nama batik Tegal perlu diketahui bentuk satuan lingual, makna leksikal, makna gramatikal, makna kultural, serta analisis komponen maknanya. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah bentuk nama-nama batik Tegal berdasarkan satuan lingual? 2) Bagaimanakah makna leksikal yang terdapat dalam perbatikan di Tegal?. Tujuan yang dicapai dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Menjelaskan bentuk nama-nama batik Tegal berdasarkan satuan lingual 2) Mendeskripsi makna leksikal yang terdapat pada leksikon perbatikan di Tegal. Penelitian ini menggunakan teori strukturalisme nama-nama batik Tegal yang akan dianalisis bentuk satuan lingual, makna leksikal, makna gramatikal, makna kultural, serta analisis komponen maknanya. Pendekatan yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, wujud data penelitian ini adalah nama-nama batik Tegal. Sumber data utama berupa data lisan yang didapatkan dengan wawancara. Sumber data lainnya berupa sumber tulis atau studi pustaka. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan metode agih dan metode padan. Metode agih menggunakan teknik bagi unsur langsung, untuk membagai unsur langsung bentuk nama-nama batik Tegal. Metode padan menggunakan metode padan referensial yaitu alat penentunya berupa referen bahasa. Metode padan digunakan untuk menganalisis maknanya, penyajian hasil analisis data penelitian disajikan secara informal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Berdasarkan bentuknya nama�nama motif batik Tegal berbentuk kata dan frasa. Bentuk kata meliputi kata dasar dan kata turunan. Nama-nama batik Tegal berbentuk kata berafiks, kata ulang, dan kata majemuk, berdasarkan distribusinya, nama-nama batik Tegal berbentuk frasa endosentrik atributif dan frasa endosentrik koordinatif. Berdasarkan kategorinya nama-nama batik Tegal berbentuk frasa nominal, frasa adverbial, dan frasa adjektival. Berdasarkan satuan lingual unsur-unsurnya nama-nama batik Tegal berbentuk kata dan kata dan berbentuk kata dan frasa, berdasarkan kategori unsur�unsurnya nama-nama batik Tegal berbentuk N+N, N+Adj,Num+N, Adj+Adj, lan Adv+Adv. Berdasarkan maknanya nama-nama batik Tegal mempunyai makna leksikal, makna gramatikal, lan makna kultural. Kecuali itu, nama-nama batik Tegal dapat dipahami dari ciri setiap nama batik berdasarkan analisis komponen maknanya. Saran yang dapat disampaikan dari penelitian ini yaitu:1) hasil penelitian bisa digunakan kegiatan pengembangan ilmu semiotik bab bentuk dan makna, 2) penelitian ini bisa digunakan bahan acuan atau pendukung penelitian yang menganalisis batik Tegal juga bisa digunakan sarana melestarikan kebudayaan bangsa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bentuk, makna, nama-nama batik
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 09 Jan 2024 06:53
Last Modified: 09 Jan 2024 06:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60969

Actions (login required)

View Item View Item