PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN BUKU IRODORI DI LPK FUJIYAMA GAKKOU PATI
Nira Dwi Agustin Raharjo, 2302415010 (2022) PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN BUKU IRODORI DI LPK FUJIYAMA GAKKOU PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Bahasa jepang memiliki peminat yang cukup banyak diantara pembelajaran bahasa asing lainnya. Hal yang mendorong pembelajar berminat untuk belajar bahasa asing terutama bahasa jepang ialah masuknya budaya jepang antara lain music, film,anime, manga dan fashion style. Upaya yang dapat dilakukan untuk bekerja di jepang dengan mengikuti pembelajaran di lembaga pelatihan kerja (LPK). LPK merupakan lembaga yang bertujuan meningkatkan keterampilan dankeahlian tertentu sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan atau pekerjaan. Saat ini banyak LPK yang menyalurkan tenaga kerja bukan hanya sektor dalam negeri namun juga sektor luar negeri. LPK yang melaksanakan pelatihan persiapan program kerja ke jepang. Salah satunya yaitu LPK Fujiyama Gakkou Pati. Pembelajaran bahasa jepang di LPK Fujiyama Gakkou Pati menggunakan buku Minna no nihongo dan Buku Irodori sebagai buku materi. Buku Irodori adalah buku pelajaran bahasa jepang untuk mempelajari kemampuan berkomunikasi bahasa jepang dasar yang diperlukan oleh orang asing untuk berkomunikasi dan bekerja di jepang. Buku Irodori digunakan dengan tujuan memantapkan materi untuk keterampilan berkomunikasi. Hasil pengamatan sementara yang peneliti lakukan setelah melakukan wawancara kepada 5 siswa pada 1 Juni 2022 di LPK Fujiyama Gakkou Pati, peneliti bertanya tentang bagaimana pendapat siswa saat pembelajaran kaiwa menggunakan buku Irodori, menunjukkan adanya perbedaan antusisme siswa ketika proses pembelajaran berlangsung. Penelitian dilakukan untuk mengetahui lebih rinci bagaimana persepsi siswa terhadap penggunaan Buku IRODORI di LPK Fujiyama Gakkou Pati. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di LPK Fujiyama Gakkou Pati, sedangkan sampelnya yaitu 36 siswa dari kelas diklat di LPK Fujuyama Gakkou Pati. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi dan angket. Tujuan menggunakan metode angket adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan Buku IRODORI di LPK Fujiyama Gakkou Pati. Validitas instrumen dalam penelitian ini dilakukan dengan validitas konstruk. Uji reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan rumus Alpha Cronbach. Berdasarkan hasil penelitian, persepsi siswa terhadap penggunaan Buku IRODORI di LPK Fujiyama Gakkou Pati menunjukkan persepsi yang positif dan ada juga yang negatif. Hasil ini ditunjukkan dengan nilai skala 88% berpersepsi positif, dah hanya 11% yang berpersepsi negatif. Secara keseluruhan, persepsi siswa terhadap penggunaan Buku IRODORI di LPK Fujiyama Gakkou Pati termasuk dalam kategori positif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, penggunaan Buku IRODORI. |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 03:23 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 03:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60950 |
Actions (login required)
View Item |