Peningkatan Kualitas Pembelajaran Materi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan di SMP Negeri 1 Batangan Pati melalui Implementasi Lesson Study


Ida Riyana Wati , 4401407053 (2011) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Materi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan di SMP Negeri 1 Batangan Pati melalui Implementasi Lesson Study. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran Materi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan di SMP Negeri 1 Batangan Pati melalui Implementasi Lesson Study]
Preview
PDF (Peningkatan Kualitas Pembelajaran Materi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan di SMP Negeri 1 Batangan Pati melalui Implementasi Lesson Study) - Submitted Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi yang dilakukan di SMP Negeri 1 Batangan menunjukkan aktivitas belajar siswa rendah, hal ini terlihat siswa masih bersifat pasif dalam merespon guru, siswa hanya mendengarkan penjelasan guru, dan siswa kurang memanfaatkan waktu untuk bertanya jawab. Selain itu hasil belajar siswa juga rendah dilihat dari prosentase ketuntasan belajar secara klasikal yang hanya mencapai 60 % dari KKM sebesar 75. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah pembelajaran dilaksanakan melalui Lesson Study (LS). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran materi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, dilihat dari aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian LS yang dilaksanakan di kelas VII A dengan 3 kali LS. Setiap LS terdiri dari tiga tahapan yaitu plan (perencanaan), do (pelaksanaan), see (refleksi). Sumber data yang diambil meliputi aktivitas siswa dalam diskusi, hasil belajar siswa, kinerja guru dalam pembelajaran, tanggapan siswa dan tanggapan guru terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa dalam diskusi mencapai kategori tinggi pada LS I dan II yaitu sebesar 67.78% dan 77.97% , kategori sangat tinggi pada LS III yaitu sebesar 87.64%. Hasil belajar siswa mencapai kategori tuntas sebesar 70%, 95%, dan 100% pada LS I, II, dan III. Hal ini didukung oleh kinerja guru yang secara berturut-turut pada LS I, II, dan III adalah sebesar 56.25% (sedang), 75% (tinggi), dan 87.50% (sangat tinggi). Sebanyak 100% siswa memberikan tanggapan sangat positif terhadap pembelajaran. Guru memberikan respon positif terhadap pembelajaran melalui implementasi LS. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran melalui implementasi LS dapat meningkatkan kualitas pembelajaran materi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan yang meliputi aktivitas dan hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Batangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, lesson study
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 27 Oct 2011 04:26
Last Modified: 25 Apr 2015 06:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6095

Actions (login required)

View Item View Item