PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SIKAP SPIRITUAL DAN SIKAP SOSIAL UNTUK SISWA BOARDING SCHOOL MITRA EDUVERSAL BERBASIS SIS DORM


Nurul Hidayah, 0106521022 (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SIKAP SPIRITUAL DAN SIKAP SOSIAL UNTUK SISWA BOARDING SCHOOL MITRA EDUVERSAL BERBASIS SIS DORM. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Tesis] PDF (Tesis)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Instrumen penilaian sikap pada umumnya dilaksanakan di kegiatan pembelajaran di sekolah. Bagi sekolah berasrama, instrument penilaian sikap pada dasarnya memiliki peran yang penting untuk dilaksanakan. Hal ini bertunjuan untuk mengetahui perkembangan sikap siswa antara di sekolah dan di asrama. Selain untuk menunjang program pendidikan karakter sekolah, perkembangan sikap juga perlu disampaikan kepada orangtua. Sekolah berasrama mitra eduversal, sudah memiliki sistem teknologi informasi yang baik. Namun, untuk penilaian asrama belum ada. Sehingga peneliti melakukan Pengembangan Instrumen Penilaian Pendidikan Karakter Pada Sikap Spiritual dan Sikap Sosial Untuk Siswa Boarding School Mitra Eduversal. Rumusan dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengembangan instrumen penilaian pendidikan karakter pada sikap spiritual dan sikap sosial untuk siswa boarding school mitra eduversal berbasis sis dorm serta bagaimana kelayakan, penggunaan perangkat dan respon pengguna perangkat instrumen penilaian pendidikan karakter pada sikap spiritual dan sikap sosial untuk siswa boarding school mitra eduversal berbasis sis dorm. Fokus masalahnya yaitu pada pengembangan instrumen penilaian pendidikan karakter di asrama sekolah. Metode yang digunakan yaitu Research and Development (RnD) model 4D. Hasil penelitian ada 4 (empat) yaitu pertama, instrumen penilaian dilakukan dari perangkat yang sudah ada berbentuk fisik (kertas) yaitu self reflection (yang mayoritas penilaian ibadah), kemudian dikembangkan dengan membagi penilaian sikap spiritual dan sikap sosial yang terintegrasi dengan program pendidikan karakter. Kemudian instrumen dikembangkan kembali dengan arsip digital yaitu berbasis website yang bernama SIS Dorm. Kedua, kelayakan instrument dan SIS Dorm dibuktikan dengan uji validitas dan reliabiltas serta validasi oleh ahli media. Ketiga, penggunaan perangkat instrumen berbasis website dilakukan dengan log in akun, kemudian masuk ke tampilan assessment dan pengguna bisa langsung mengisi penilaian sesuai dengan kebutuhan. Keempat, Respon pengguna menyatakan 78,2 % pengguna SIS Dorm sudah sesuai dan dapat digunakan. Adapun 21,8 % tersisa menyampaikan beberapa saran yang membangun. Saran yang diberikan penulis dari berbagai sumber adalah (1) beberapa kali saat pengisian terkadang terjadi eror, seperti mau mengklik simpan atau lainnya. Sehingga sistem masih perlu ditingkatkan supaya dapat digunakan dengan nyaman. (2) SIS Dorm disampaikan dari pengguna sudah sangat berguna untuk ketertiban asrama. Namun, akan lebih efektif jika SIS Dorm diintegrasikan menjadi satu dengan akun edunav sekolah. Sehingga siswa tidak memiliki 2 akun sistem yang terkadang terlupa untuk username dan passwordnya. (3) Dalam pilihan mengisi penilaian, diberikan tempat untuk lainnya atau keterangan. Supaya siswa dapat memberi alasan yang lain seperti opsi sakit, hadi dan lainnya. (4) Pada bagian dashboard, bisa diberi tambahan informasi dari asrama atau pembina asrama. Informasi apapun yang berkaitan dengan siswa seperti kegiatan asrama, atau reward dan lainnya. (5) Didalam penulisan SIS Dorm, ditemukan beberapa bahasa yang masih tercampur antara bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Sarannya dapat ditambah darkmode dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Sikap, Pendidikan Karakter, Instrumen, Web
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:48
Last Modified: 09 Jan 2024 02:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60940

Actions (login required)

View Item View Item