EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEA PARTY TEBAK KATA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMAHAMI ISI TEMBANG DI SMA LABORATORIUM PGRI SEMARANG
Awening Wulan Nurhana Rahman, 2601418073 (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEA PARTY TEBAK KATA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMAHAMI ISI TEMBANG DI SMA LABORATORIUM PGRI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kurangnya kemampuan siswa dalam memahami kosakata bahasa Jawa yang arkais memicu kesulitan siswa dalam pembelajaran terutama berhubungan dengan bahasa. Salah satu kesulitannya yaitu dalam memahami isi tembang macapat. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif Tipe Tea Party Tebak Kata untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas XI SMA Laboratorium PGRI Semarang dalam memahami isi tembang macapat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian true eksperimen dengan desain Pretest�posttest control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI berjumlah 92 di SMA Laboratorium PGRI Semarang. Pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu dengan teknik purposive sampling yang menghasilkan kelas XI IPS 1 berjumlah 22 menjadi kelas kontrol dan XI IPA 2 berjumlah 24 menjadi kelas eksperimen. Instrumen penelitian menggunakan tes berupa soal pretest-posttest dan non tes berupa observasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan uji paired sample t-test, sedangkan untuk menguji peningkatan hasil belajar siswa menggunakan ujii N-gain. Hasil dari penelitian ini dilihat dari hasil uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test hasil menunjukan bahwa adanya perbedaan pada kelas eksperimen dan kontrol dengan nilai Sig. (2-tailed)0,000 < 0,050 dan Sig. (2-tailed)0,000 < 0,050. Pada uji keefektifannya menggunakan uji N-gain persen, pada kelas eksperimen memperoleh N-Gain score 63,82% yang berdasarkan tabel kriteria N�gain termasuk dalam kategori “sedang”, sedangkan, pada kelas kontrol N-gain score sebesar 26,30% yang berdasarkan tabel kriteria N-gain termasuk dalam kategori “kurang efektif” Dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif Tipe Tea Party Tebak Kata efektif untuk meningkatkan keterampilan memahami isi tembang macapat dibandingkan menggunakan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran kooperatif; tea party tebak kata; tembang; efektivitas |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 03:38 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 03:38 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60868 |
Actions (login required)
View Item |