KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN BEHAVIOR TEKNIK SELF MANAGEMENT DAN TOKEN ECONOMY UNTUK MENGURANGI PROKRASTINASI AKADEMIK PADA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 12 SEMARANG
Bayu Aji Dwi Apriatmoko, 0106520023 (2023) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN BEHAVIOR TEKNIK SELF MANAGEMENT DAN TOKEN ECONOMY UNTUK MENGURANGI PROKRASTINASI AKADEMIK PADA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 12 SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (Tesis)
Restricted to Repository staff only Download (27MB) | Request a copy |
Abstract
Prokrastinasi akademik adalah perilaku sengaja terkait penundaan terhadap tugas atau kegiatan sekolah, dimana hal tersebut tentunya dapat berdampak negatif bagi peserta didik, salah satu dampak negatifnya ialah prestasi akademik peserta didik yang menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan konseling kelompok pendekatan behavior teknik self management dan teknik token economy untuk mengurangi prokrastinasi akademik pada peserta didik SMA Negeri 12 Semarang. Selanjutnya akan dilakukan analisis apakah terdapat perbedaan tingkat keefektifan dari masing-masing teknik. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen randomized pretest-posttest comparison group design. Melibatkan subjek sebanyak 14 peserta didik kelas XI yang dipilih secara purposive sampling dari total populasi 429 peserta didik. Subjek dibagi menjadi 2 kelompok yang masing-masing diberikan perlakuan teknik self management selama 4 sesi dan teknik token economy selama 4 sesi. Instrumen utama yang digunakan adalah skala prokrastinasi akademik dengan nilai rxy = 0,305 - 0,579 dan koefisien alpha cronbach sebesar 0,831. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya teknik self management dan teknik token economy efektif untuk mengurangi prokrastinasi akademik pada peserta didik SMA Negeri 12 Semarang. Masing-masing teknik memberikan tingkat keefektifan yang sama, sehingga tidak terdapat perbedaan tingkat keefektifan teknik self management dan teknik token economy dalam mengurangi prokrastinasi akademik pada peserta didik SMA Negeri 12 Semarang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | prokrastinasi akademik, konseling kelompok pendekatan behavior, self management, token economy |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 03:29 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 03:29 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60864 |
Actions (login required)
View Item |