PENGEMBANGAN e-UKBM (ELEKTRONIK UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI) BERBASIS ETNO- STEM BAHAN KAJIAN TEKANAN ZAT UNTUK MEMBEKALI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK
Anisa Setiyani, 0402521018 (2022) PENGEMBANGAN e-UKBM (ELEKTRONIK UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI) BERBASIS ETNO- STEM BAHAN KAJIAN TEKANAN ZAT UNTUK MEMBEKALI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas, kelayakan, pengaruh, dan keunggulan serta keterbatasan e- UKBM (elektronik Unit Kegitan Belajar Mandiri) Etno-STEM dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian ini adalah R&D dengan tipe ADDIE. Sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling baik pada uji coba skala kecil maupun uji coba skala besar di SMP Dharma Lestari Salatiga. Hasil penelitian menunjukkan e-UKBM (elektronik Unit Kegitan Belajar Mandiri) Etno-STEM memiliki karakteristik mengimplementasikan aspek etnosains yang mengaitkan antara ilmu pengetahuan ilmiah dengan kearifan lokal, mempelajari ilmu sains melalui kearifan lokal secara seimbang, berpedoman pada Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 dengan menggunakan pendekatan saintifik. kemampuan berpikir kritis peserta didik meningkat secara umum dengan nilai N-Gain sebesar 0,72 dengan kategori tinggi, dengan persentase 72, 27% dan nilai thitung sebesar 10.87 dengan kategori tinggi. Keunggulan e-UKBM (elektronik Unit Kegiatan Belajar Mandiri) Etno-STEM yaitu seft instructional, adaptif, mudah digunakan, dilengkapi dengan video percobaan kajian materi tekanan zat, prosedur percobaan konten Etno-STEM, penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari, dan latihan soal evaluasi yang disajikan dalam google form. Keterbatasan diantaranya lebih banyak membahas konsep tekanan zat, minimnya informasi terkait penerapan konsep tekanan pada makhluk hidup. vi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir kritis, Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM), STEM dan integrasinya |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 04:02 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 04:02 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60817 |
Actions (login required)
View Item |