Aktivitas dan Kreativitas Guru Sekolah Dasar Terhadap Pembelajaran Seni Tari di Gugus II Bantarbolang Kabupaten Pemalang
Prapti Wulandari , 1402407099 (2011) Aktivitas dan Kreativitas Guru Sekolah Dasar Terhadap Pembelajaran Seni Tari di Gugus II Bantarbolang Kabupaten Pemalang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Aktivitas dan Kreativitas Guru Sekolah Dasar Terhadap Pembelajaran Seni Tari di Gugus II Bantarbolang Kabupaten Pemalang)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kunci : Aktivitas, Kreativitas, Pembelajaran Seni Tari. Mata pelajaran Seni Tari adalah bagian dari mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan yang terdapat di Sekolah Dasar. Dalam mata pelajaran Seni Tari dapat diamati aktivitas dan kreativitas guru. Peneliti mengadakan penelitian dengan tujuan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi aktivitas dan kreativitas guru Sekolah Dasar dalam mata pelajaran Seni Tari di Gugus II Bantarbolang Kabupaten Pemalang. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh guru kelas di Gugus II Bantarbolang Kabupaten Pemalang yang berjumlah 55 orang, dari 9 Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan Lembar Kuesioner, data dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis yang dilakukan adalah analisis sebelum di lapangan dan analisis di lapangan model Miles dan Huberman. Analisis di lapangan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verivication. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh data tentang aktivitas dan kreativitas guru terhadap pembelajaran Seni Tari di Gugus II Bantarbolang yang dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal antara lain latar belakang pendidikan, sarana dan prasarana, penguasaan materi, menganggap penting atau tidaknya mata pelajaran Seni Tari, metode pembelajaran, penyesuaian materi, menganggap penting atau tidaknya mata pelajaran Seni Tari, media pembelajaran, proses belajar mengajar, menganggap sulit atau tidaknya mata pelajaran Seni Tari, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Sedangkan faktor internal terdiri dari motivasi, kemampuan dan jenis kelamin. Dari analisis yang telah dilakukan peneliti terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi aktivitas dan kreativitas guru terhadap pembelajaran Seni Tari, maka dapat disimpulkan kurangnya aktivitas dan kreativitas guru Sekolah Dasar terhadap pembelajaran Seni Tari di Gugus II Bantarbolang. Kurangnya aktivitas dan kreativitas guru dipengaruhi oleh faktor eksternal sebesar 50,66% dan faktor internal sebesar 74,10%. Jadi faktor internal lebih dominan terhadap aktivitas dan kreativitas guru. Diharapkan kepada para guru untuk dapat meningkatkan kemampuannya terhadap pembelajaran Seni Tari dan memperhatiakan bakat dan potensi siswa terhadap tari.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas, Kreativitas, Pembelajaran Seni Tari. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) N Fine Arts > NX Arts in general |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 24 Oct 2011 04:30 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:12 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6072 |
Actions (login required)
View Item |