PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF DAN PEMBELAJARANNYA DENGAN PBI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI ALJABAR SISWA KELAS VII
Okta Kurniawan, 0401519016 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF DAN PEMBELAJARANNYA DENGAN PBI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI ALJABAR SISWA KELAS VII. Masters thesis, UNNES.
PDF
- Published Version
Download (846kB) |
|
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (618kB) | Request a copy |
|
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (108kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (1) Menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum menggunakan hasil pengembangan e-modul interaktif pada pembelajaran Problem Based Instruction, (2) Menghasilkan e-modul yang interaktif pada pembelajaran Problem Based Instruction dapat menjadi bahan atau alat bantu guru dalam memperlancar kegiatan pembelajaran, (3) Menghasilkan e-modul interaktif pada pembelajaran Problem Based Instruction yang berkualitas yaitu e-modul interaktif pembelajaran Problem Based Instruction yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Sehingga dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Metode penelitian menggunakan pendekatan R & D. Pengambilan subjek penelitian ini berdasarkan dengan teknik purposiv sampling. Sedangkan validastor terdiri dari dosen dari Program pascasarjana Universitas Negeri Semarang dan 2 (dua) guru dari SMP X. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan inferensial dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum pembelajaran menggunakan pengembangan e-modul interaktif pada pembelajaran matematika menunjukkan kedua kelompok dalam kategori sedang, (2) Hasil pengembangan e-modul interaktif pada pembelajaran Matematika pada materi soal cerita Aljabar Kelas VII sudah memenuhi kriteria valid, dan praktis, (3) Hasil pengembangan e-modul interaktif pada pembelajaran Matematika pada materi soal cerita Aljabar Kelas VII yang dinilai efektif karena telah dibuktikan dari adanya perbedaan dari kemampuan pemecahan masalah siswa kelompok kontrol dan perlakuan setelah perlakuan. Kata kunci : e-modul, interaktif, pemecahan masalah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-modul, interaktif, pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Development of Learning Media |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 07:46 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 04:12 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60419 |
Actions (login required)
View Item |