Pengaruh Model Problem Solving Laboratory Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa
Rafika Rahma Maulida, 4001419050 (2023) Pengaruh Model Problem Solving Laboratory Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa. Under Graduates thesis, UNNES.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (652kB) | Request a copy |
|
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
PDF
- Published Version
Download (238kB) |
|
PDF
- Published Version
Download (116kB) |
|
PDF
- Published Version
Download (132kB) |
|
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (892kB) | Request a copy |
Abstract
Maulida, Rafika Rahma. 2023. Pengaruh Model Problem Solving Laboratory Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa. Skripsi. Jurusan IPA Terpadu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Erna Noor Savitri, S.Si., M.Pd. Kata kunci: Problem Solving Laboratory, Laboratorium Virtual, Keterampilan Proses Sains Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh siswa terhadap model pembelajaran Problem Solving Laboratory berbantuan laboratorium virtual terhadap peningkatan keterampilan proses sains dan profil keterampilan proses sains siswa di SMP Negeri 27 Semarang pada kelas VIII materi Cahaya dan Alat Optik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu menggunakan teknik simple random sampling dimana kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa hasil pretest, posttest, lembar observasi keterampilan proses sains siswa, dan metode angket respon. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan Uji N-gain dan Uji T-test related. Peningkatan keterampilan proses sains siswa diukur menggunakan Uji N-gain. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai N-gain sebesar 0,733 dengan kategori Tinggi dan pada kelas kontrol mendapatkan nilai N-gain sebesar 0,481 dengan kategori Sedang. Berdasarkan hasil N-gain maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan keterampilan proses sains siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Pengaruh model Problem Solving Laboratory berbantuan laboratorium virtual terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa diukur menggunakan Uji T-test related dengan menggunakan data N-gain maka didapatkan hasil thitung 10,764> 1,669 ttabel, yang menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model Problem Solving Laboratory berbantuan laboratorium virtual. Hasil tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran Problem Solving Laboratory berbantuan laboratorium virtual mendapatkan hasil yang positif yaitu sebesar 86% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Solving Laboratory berbantuan laboratorium virtual berpengaruh terhadap meningkatkan keterampilan proses sains siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Solving Laboratory, Laboratorium Virtual, Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1 |
Depositing User: | Mahasiswa FMIPA |
Date Deposited: | 09 Oct 2023 08:14 |
Last Modified: | 09 Oct 2023 08:14 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60302 |
Actions (login required)
View Item |