Analisis Faktor yang Mempengaruhi Behaviour Intention Penggunaan Layanan ShopeeFood Menggunakan Extended Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2) Model
Sayidah Rohmatul Hidayah, 4612418008 (2023) Analisis Faktor yang Mempengaruhi Behaviour Intention Penggunaan Layanan ShopeeFood Menggunakan Extended Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2) Model. Under Graduates thesis, UNNES.
PDF
- Published Version
Download (1MB) |
|
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
PDF
- Published Version
Download (252kB) |
|
PDF
- Published Version
Download (206kB) |
|
PDF
- Published Version
Download (51kB) |
|
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (645kB) | Request a copy |
Abstract
Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis di Indonesia yang banyak diminati karena Indonesia mempunyai banyak sekali ragam kuliner khas daerah sehingga perusahaan membuat strategi bisnis dengan merambah ke online food delivery untuk menaikkan penjualan. Tren layanan online food delivery berkembang seiring dengan perkembangan layanan internet di Indonesia. ShopeeFood adalah online food delivery milik Shopee yang dikembangkan untuk memberikan jawaban praktis atas keinginan masyarakat. Berdasarkan uraian tersebut, penelitian ini mengevaluasi tingkat penerimaan layanan ShopeeFood di Indonesia dan menemukan bukti empiris faktor – faktor yang mempengaruhi behavior intention pengunaan layanan ShopeeFood menggunakan modifikasi model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2). Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 291 responden yang merupakan pengguna layanan ShopeeFood dengan usia minimal 17 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan analisis data menggunakan uji outer model dan inner model dengan menggunakan tools SmartPLS versi 3. Hasil penelitian ini menunjukkan, pengguna layanan ini didominasi dengan pengguna berjenis kelamin laki-laki dengan kelompok usia 22 tahun hingga 26 tahun. Mayoritas berprofesi sebagai mahasiswa dan karyawan swasta. Tingkat penerimaan layanan ShopeeFood di Indonesia termasuk dalam kategori baik. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa 8 variabel independen memengaruhi variabel dependen, kecuali variabel hedonic motivation, habit, dan online review tidak memiliki pengaruh terhadap behaviour intention dalam penggunaan layanan ShopeeFood. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk pengembang dan penyedia layanan lebih berfokus kepada kualitas kinerja layanan ShopeeFood karena dari hasil penelitian performance expectancy merupakan faktor terbesar yang mempengaruhi niat menggunakan kembali layanan ShopeeFood.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Behaviour Intention, Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2, ShopeeFood |
Subjects: | T Technology > Information and Computer > Information System |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Komputer, S1 |
Depositing User: | Mahasiswa FMIPA |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 03:10 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 03:10 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60230 |
Actions (login required)
View Item |