Inovasi Model Pembelajaran Seni Tari Bagi Anak Usia Dini di Era Digital
Agus Cahyono, FBS Pendidikan Seni (2022) Inovasi Model Pembelajaran Seni Tari Bagi Anak Usia Dini di Era Digital. In: Seminar Nasional Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Download (500kB) |
Abstract
Dalam kurun waktu dua tahun terakhir proses pembelajaran di sekolah mengalami hambatan karena adanya Covid 19, sehingga pendidikan dan teknologi sangat dibutuhkan. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis guru terhadap inovasi model pembelajaran seni bagi anak usia dini di era digital. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini yaitu guru pendidikan anak usia dini dengan menentukan sampel 21 guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa di era digital ini perlu adanya inovasi dalam pembelajaran seni yang menggunakan pembelajaran tari dengan media berbasis android yang dapat diterapkan pada anak usia dini. Untuk itu peneliti berasumsi bahwa inovasi model edumultimedia dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang dapat digunakan oleh anak dan guru di sekolah. Inovasi model pembelajaran seni bagi anak usia dini yang telah di implementasikan dapat membantu anak dan guru dalam proses pembelajaran. Implikasi di masyarakat yaitu dengan penerapan inovasi model seni digital saat ini dapat digunakan dalam pembelajaran yang bersifat blended learning.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | inovasi; model pembelajaran seni; digital. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Seni, S3 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 00:50 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 00:50 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60114 |
Actions (login required)
View Item |