KEEFEKTIFAN KELOMPOK PSIKOEDUKASI PELATIHAN GOAL-SETTING BAGI PENINGKATAN EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP MEKAR ARUM KABUPATEN BANDUNG


Ai Mawarni, 0106520048 (2022) KEEFEKTIFAN KELOMPOK PSIKOEDUKASI PELATIHAN GOAL-SETTING BAGI PENINGKATAN EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP MEKAR ARUM KABUPATEN BANDUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Efikasi diri dan motivasi belajar penting dimiliki siswa karena mempengaruhi proses belajar, tindakan kognitif dan meningkatkan usaha melalui kemampuan siswa untuk mencapai tujuan akademiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan kelompok psikoedukasi pelatihan goal-setting bagi peningkatan efikasi diri dan motivasi belajar di SMP Mekar Arum Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pretest-posttest control group design dengan melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Intervensi yang diberikan kepada kelompok eksperimen adalah kelompok psikoedukasi pelatihan goal-setting sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan kelompok psikoedukasi pelatihan goal-setting. Sampel penelitian berjumlah 14 siswa yang dipilih secara purposive sampling dari 118 siswa kelas VIII SMP Mekar Arum Kabupaten Bandung yang memiliki tingkat efikasi diri dan motivasi belajar rendah. Analisis menggunakan wilcoxon signed rank test dan mann-whitney test, hasil menunjukkan bahwa intervensi kelompok psikoedukasi pelatihan goal-setting efektif dalam meningkatkan efikasi diri (Z= - 2.371, p<0.05) dan motivasi belajar (Z= -2.371, p<0.05), meskipun sama-sama efektif namun berdasarkan nilai Z2 kelompok psikoedukasi pelatihan goal-setting lebih efektif bagi peningkatan motivasi belajar (Z2= -3.144, p<0.05) siswa di SMP Mekar Arum Kabupaten Bandung. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kelompok psikoedukasi pelatihan goal-setting efektif bagi peningkatan efikasi diri dan motivasi belajar. Jika dibandingkan, kelompok psikoedukasi pelatihan goal-setting lebih efektif bagi peningkatan efikasi diri siswa kelas VIII di SMP Mekar Arum Kabupaten Bandung. Saran yang dapat disampaikan yaitu konselor sekolah dapat menggunakan kelompok psikoedukasi pelatihan goal-setting khususnya dalam layanan dasar

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: : Kelompok psikoedukasi pelatihan goal-setting, efikasi diri, motivasi belajar.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Sep 2023 01:15
Last Modified: 07 Sep 2023 01:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59894

Actions (login required)

View Item View Item