EFEKTIVITAS KONSELING ONLINE PENDEKATAN ACCEPTANCE AND COMMITMENT THERAPY UNTUK MENURUNKAN STRES AKADEMIK DAN MENINGKATKAN ACADEMIC BOUYANCY


Layyinatus Syifa, 0106518034 (2022) EFEKTIVITAS KONSELING ONLINE PENDEKATAN ACCEPTANCE AND COMMITMENT THERAPY UNTUK MENURUNKAN STRES AKADEMIK DAN MENINGKATKAN ACADEMIC BOUYANCY. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan siswa dalam mengelola stress dan meningkatkan keterampilan koping di kalangan remaja diperlukan agar siswa bisa mencapai prestasi yang optimal. Penelitian ini berusaha untuk menurunkan stress akademik dan meningkatkan academic buoyancy melalui konseling online pendekatan acceptance and commitment therapy. Sebanyak 20 siswa SMK dipilih dengan purposive sampling dan dibagi menjadi 4 kelompok dalam uji coba pretest, posttest dan follow up. Pengumpulan data menggunakan The Perception of Academic Stress Scale dan Academic Bouyancy Scale. Uji mixed mancova digunakan untuk mengetahui perbandingan keefektifan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling online pendekatan acceptance and commitment therapy efektif untuk mempromosikan kesejahteraan remaja di konteks sekolah. Penggabungan kedua bentuk konseling online asinkronus dan sinkronus memberikan dampak penurunan stress akademik dan peningkatan academic buoyancy yang optimal dibanding bentuk yang lain. Gabungan dari mode ini dapat mengatasi dugaan prasyarat untuk pembelajaran online dengan lebih baik. Karena mempertahankan tiga kehadiran yaitu sosial, pengajaran, dan kognitif tidak mungkin terjadi menggunakan mode tunggal

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: stress akademik; academic buoyancy; acceptance and commitment therapy, konseling online
Subjects: Q Science > QP Physiology
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:57
Last Modified: 06 Sep 2023 01:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59878

Actions (login required)

View Item View Item