PENERAPAN PRINSIP RESPONSIVITAS DAN TRANSPARANSI DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN JEKULO KABUPATEN KUDUS


Anjelina Dwi Widiastuti, 3301418008 (2022) PENERAPAN PRINSIP RESPONSIVITAS DAN TRANSPARANSI DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN JEKULO KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301418008 - Anjelina Dwi Widiastuti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penyelenggaraan pelayanan publik yang berlangsung saat ini masih banyak dijumpai permasalahan dan masih jauh dari harapan masyarakat. Banyaknya permasalahan yang terjadi dalam penyelenggaraan pelayanan publik, menunjukkan perlunya penerapan prinsip-prinsip good governance untuk mewujudkan pelayanan publik yang prima. Prinsip good governance yang saat ini perlu diterapkan dalam penyelenggaraan pelayanan publik diantaranya yaitu prinsip responsivitas dan transparansi. Hal ini disebabkan karena sebagian besar permasalahan dalam penyelenggaraan pelayanan publik bersumber dari kurang responsifnya pemerintah, rendahnya transparansi, ketidakpastian pelayanan, praktik suap dan terlalu besarnya biaya transaksi dalam kegiatan pemerintahan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan prinsip responsivitas dan transparansi dalam pelayanan publik di Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus, (2) mengetahui kendala yang dihadapi dalam penerapan prinsip responsivitas dan transparansi dalam pelayanan publik di Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data diperoleh dari data primer melalui informan dan data sekunder melalui buku, jurnal, dokumen Kecamatan Jekulo. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) prinsip responsivitas sudah diterapkan dalam pelayanan publik di Kecamatan Jekulo. Hal ini ditunjukkan dengan adanya sikap yang ramah dan sopan dari petugas pelayanan, pelayanan yang tepat waktu sesuai standar pelayanan dan tersedianya fasilitas pengaduan untuk masyarakat. Sementara itu prinsip transparansi juga sudah diterapkan dalam pelayanan publik di Kecamatan Jekulo. Hal ini ditunjukkan dengan adanya keterbukaan akses informasi melalui media banner, brosur, dan website. Akan tetapi keberadaan website tersebut belum banyak diketahui masyarakat dan informasinya juga belum lengkap. (2) kendala yang dihadapi dalam penerapan prinsip responsivitas dan transparansi dalam pelayanan publik di Kecamatan Jekulo yaitu keterbatasan SDM, kurangnya pemahaman masyarakat terhadap media informasi online, dan sarana prasarana yang kurang memadai. Saran yang diberikan untuk Kecamatan Jekulo adalah (1) melakukan pengajuan rekrutmen pegawai baru, (2) memperbaiki sarana dan prasarana untuk menunjang proses pelayanan publik, (3) meningkatkan pelaksanaan sosialisasi pada masing-masing desa melalui Kepala Dusun, dan (4) melengkapi informasi dalam website Kecamatan Jekulo terkait biaya, waktu, dan prosedur pelayanan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Responsivitas, Transparansi, Pelayanan Publik
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Public Service
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:42
Last Modified: 31 Aug 2023 02:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59804

Actions (login required)

View Item View Item