Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi dengan Model Pembelajaran Berpikir-Berbicara-Menulis melalui Media Foto Jurnalistik pada Siswa Kelas X.2 SMA N 1 Welahan Jepara


Farah Aulia , 2101407061 (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi dengan Model Pembelajaran Berpikir-Berbicara-Menulis melalui Media Foto Jurnalistik pada Siswa Kelas X.2 SMA N 1 Welahan Jepara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi dengan Model Pembelajaran Berpikir-Berbicara-Menulis melalui Media Foto Jurnalistik pada Siswa Kelas X.2 SMA N 1 Welahan Jepara]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi dengan Model Pembelajaran Berpikir-Berbicara-Menulis melalui Media Foto Jurnalistik pada Siswa Kelas X.2 SMA N 1 Welahan Jepara) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis paragraf argumentasi pada siswa SMA N 1 Welahan Jepara masih rendah. Hal ini disebabkan oleh guru masih menggunakan model pembelajaran tradisional. Pembelajaran yang digunakan oleh guru lebih menekankan pada guru sebagai subjek pembelajaran, sedangkan siswa sebaagai objek pembelajaran. Faktor lain yang mempengaruhi rendahnya keterampilan siswa dalam menulis paragraf argumentasi adalah faktor minat siswa. Mereka beranggapan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia terutama pembelajaran menulis merupakan pembelajaran yang membosankan dan sulit. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) bagaimanakah proses pembelajaran keterampilan menulis paragraf argumentasi dengan model pembelajaran BBM melalui media foto jurnalistik pada siswa kelas X.2 SMA Negeri 1 Welahan Jepara?; (2) seberapa besarkah peningkatan keterampilan menulis paragraf argumentasi dengan model pembelajaran BBM melalui media foto jurnalistik pada siswa kelas X.2 SMA Negeri 1 Welahan Jepara?; (3) bagaimanakah perubahan tingkah laku siswa kelas X.2 SMA Negeri 1 Welahan Jepara setelah dilaksanakan pembelajaran menulis paragraf argumentasi dengan model pembelajaran BBM melalui media foto jurnalistik?. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah (1) mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan menulis paragraf argumentasi dengan model pembelajaran BBM melalui media foto jurnalistik pada siswa kelas X.2 SMA Negeri 1 Welahan Jepara, (2) mendiskripsikan peningkatan keterampilan menulis paragraf argumentasi pada siswa kelas X.2 SMA Negeri 1 Welahan Jepara setelah mengikuti pembelajaran menulis paragraf argumentasi dengan model pembelajaran BBM melalui media foto jurnalistik, dan (3) mendeskripsikan perubahan tingkah laku siswa kelas X.2 SMA Negeri 1 Welahan Jepara setelah dilaksanakannya pembelajaran menulis paragraf argumentasi dengan model pembelajaran BBM melalui media foto jurnalistk. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis paragraf argumentasi dengan model BBM melalui media foto jurnalistik pada siswa kelas X.2 SMA N 1 Welahan Jepara. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel keterampilan menulis paragraf argumentasi dan variabel model pembelajaran berpikir-berbicara-menulis melalui media foto jurnalistik. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Tes yang digunakan adalah tes produk berupa penugasan menulis paragraf argumentasi, sedangkan nontes yang digunakan adalah observasi, catatan harian, wawancara, sosiometri, dan dokumentasi foto. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa nilai rata-rata keterampilan menulis paragraf argumentasi pada siklus I sebesar 68,5 dalam kategori cukup. Nilai rata-rata pada siklus I belum mencapai tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti. Oleh karena itu, peneliti melakukan siklus II. Pada siklus II, nilai rata-rata keterampilan menulis paragraf argumentasi meningkat sebesar 13,47 atau 19,66% menjadi 81,97 berada dalam kategori baik. Selain itu, berdasarkan hasil nontes menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa ke arah positif. Perubahan perilaku yang terjadi adalah siswa terlihat lebih antusias dan tertarik mengikuti pembelajaran, siswa lebih aktif , lebih kritis, jujur, disiplin, dan lebih bisa berbagi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran berpikir-berbicara-menulis melalui media foto jurnalistik dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf argumentasi pada siswa kelas X.2 SMA N 1 Welahan Jepara dan dapat mengubah perilaku siswa ke arah yang lebih positif. Mengacu pada penelitian tersebut, peneliti menyarankan agar guru bahasa Indonesia khususnya guru kelas X.2 SMA N 1 Welahan Jepara menggunakan model pembelajaran BBM melalui media foto jurnalistik dalam pembelajaran menulis paragraf argumentasi. Bagi peneliti, disarankan agar melakukan penelitian yang lebih lanjut mengenai keterampilan menulis paragraf argumentasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, argumentasi, model pembelajaran berpikirberbicara- menulis, media foto jurnalistik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 20 Oct 2011 06:31
Last Modified: 25 Apr 2015 06:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5980

Actions (login required)

View Item View Item