ANALISIS DESAIN KURIKULUM DI SEKOLAH ALAM ISLAM (SAI) ‘AISYAH RADHIYALLAHU ‘ANHA
Mustafidatun Miladiya Nuur, 1102417006 (2022) ANALISIS DESAIN KURIKULUM DI SEKOLAH ALAM ISLAM (SAI) ‘AISYAH RADHIYALLAHU ‘ANHA. Under Graduates thesis, Unnes.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Kurikulum harus didesain secara optimal untuk kemudian diimplementasikan sehingga menghasilkan suatu perubahan bagi pembelajarnya. Didapati bahwa di Sekolah Alam Islam (SAI) ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha kurikulumnya sendiri, yakni dengan menitik beratkan atau mengutamakan pada pembelajaran adab sebelum ilmu yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain kurikulum, implementasi kurikulum dan efektifitas pembelajaran di Sekolah Alam Islam (SAI) ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah desain kurikulum di di Sekolah Alam Islam (SAI) ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sumber data sekunder yang diambil melalui beberapa teknik pengumpulan data, antara lain wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yag digunakan adalah triangulasi sumber serta menggunakan analisis data dan koding. Teknik analisis data yang digunakan meliputi data reduction, data display, conclusion drawing. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Sekolah Alam Islam (SAI) ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha menerapka dua kurikulum yakni Kurikulum Diniyah dan Kurikulum 2013, dengan konsep yang digunakan mengikuti pembelajaran kuttab dan menitik beratkan pada pembelajaran adab. Konsep tersebut menghasilkan desain kurikulun yang dibagi menjadi tiga komponen, yakni pembelajaran Al�Quran, pembelajaran iman dan pembelajaran umum. Sekolah Alam Islam (SAI) ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha menerapkan kelas homogen, di mana dalam pelaksanaan pembelajarannya terpisah antara peserta didik laki-laki dengan perempuan. Pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Alam Islam (SAI) ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha dimulai sejak pukul 07.30 s/d 10.00 WIB untuk kelas I’dad dan pukul 07.00 s/d 11.30 WIB untuk kelas 1 sampai kelas 6. Pelaksanaan pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, antara lain metode talaqqi, ceramah, praktik, diskusi kelompok dan diskusi interaktif. Pelaksanaan pembelajaran dikatakan efektif dilihat berdasarkan ketuntasan keseluruhan nilai rapor semester 1 tahun ajaran 2021/2022
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum, Desain Kurikulum, Implentasi Kurikulum, Pelaksanaan Pembelajaran, Kuttab, Adab. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | sri yuniati perpustakaan |
Date Deposited: | 25 Aug 2023 01:25 |
Last Modified: | 25 Aug 2023 01:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59749 |
Actions (login required)
View Item |