PELAKSANAAN MANAJEMEN QUALITY ASSURANNCE OF EDUCATION BAGI GURU PROGRAM KEAHLIAN MULTIMEDIA DI SMK TUNAS HARAPAN PAT


Desyana Suhandari, 1102416035 (2022) PELAKSANAAN MANAJEMEN QUALITY ASSURANNCE OF EDUCATION BAGI GURU PROGRAM KEAHLIAN MULTIMEDIA DI SMK TUNAS HARAPAN PAT. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1102416035-DESYANA SUHANDARI - Desyana Suhandari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Didalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yang menginstruksikan guru agar memiliki tingkat kompetensi yang tinggi dengan empat kompetensi tenaga pendidik. Kompetensi tersebut adalah kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Namun ternyata berdasarkan data dari UNESCO dalam Global Education Monitoring (GEM) Report 2016, Indonesia menempati peringkat ke-10 dari 14 negara berkembang, sedangkan kualitas guru Indonesia menempati urutan ke-14 dari 14 negara berkembang (Yunus 2017) didalam (Sri Utami, 2019). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Prosedur penelitian ini dilakukan dengan menghimpun data pada awalnya, kemudian data dideskripsikan dengan pendekatan kualitatif tentang manajemen quality assurannce of education bagi guru Program Keahlian multimedia SMK Tunas Harapan Pati. Setelah data dihimpun lalu dipaparkan,kemudian data dikelompokkan. Kemudian, data dianalisis menggunakan metode deskriptif�analitis, dari hasil analisis data untuk ditarik kesimpulan. Peneliti menggunakan tiga teknik dalam pengumpulan data, yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Adapun teknik analisis data secara kualitatif yang di gunakan peneliti berdasarkan model Miles and Huberman yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa pelaksanaan manajemen Quality Assurannce of Education bagi guru Program Keahlian Multimedia di SMK Tunas Harapan Pati dibagi secara Eksternal dan Internal. Secara Eksternal terdapat sertifikat penjamin mutu yaitu SMM ISO 9001 :2015 dan SML ISO 14001-2015.Secara internal, keberhasilan pelaksanaan Penjaminan Mutu (Quality Assurannce) bagi guru dinilai dengan 7 komponenyang dapat disimpulkan bahwa Program Keahlian Multimedia SMK Tunas Harapan Pati terus berupaya melakukan peningkatan kualitas pendidikan dengan menyediakan fasilitas pendidik yang sesuai kompetensi yang diampu dengan sarana dan prasarana mengajar yang selalu mengikuti perkembangan zaman, serta fasilitas pendidikan lanjutan pascasarjana dan juga mengikusertakan guru untuk mengikuti diklat�diklat diluar agar kemampuan lebih diasah, hingga pertukaran guru ke luar negeri. Evaluasi pelaksanaan manajemen Quality Assurannce of Education bagi guru Program Keahlian Multimedia di SMK Tunas Harapan Pati ditinjau dari dua komponen yaitu hambatan dan harapan yang dapat disimpulkan bahwa perlu adanya komunikasi yang efektif agar terwujud kinerja yang maksimal dan efisien

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: guru; quality assurannce; manajemen
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 24 Aug 2023 03:32
Last Modified: 24 Aug 2023 03:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59747

Actions (login required)

View Item View Item