Analisis Instrumen Penilaian Hots Berbasis Game Mata Pelajaran IPA Untuk Pembelajaran Jarak Jauh


Arif Widiyatmoko, FMIPA P IPA (2022) Analisis Instrumen Penilaian Hots Berbasis Game Mata Pelajaran IPA Untuk Pembelajaran Jarak Jauh. In: Proceeding Seminar Nasional IPA XII.

[thumbnail of 26. Analisis Instrumen Penilaian Hots Berbasis Game.pdf] PDF - Published Version
Download (244kB)

Abstract

Pendidikan adalah tantangan besar abad ini. Jika tidak mengubah cara mendidik dan belajar mengajar, maka 30 tahun mendatang kita akan mengalami kesulitan besar. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat seiring dengan perkembangan abad 21. Pembelajaran abad 21 harus melatih peserta didik untuk memiliki 4 kompetensi (4C) yaitu critical thinking, communication, collaboration, dan creativity. Permasalahan yang terjadi saat ini yaitu kemampuan siswa dalam memahami materi yang kompleks dan kemampuan dalam daya analisis pada masa pandemi Covid-19 dengan sistem pembelajaran jarak jauh tergolong rendah sehingga diperlukan instrumen yang memiliki kemampuan berpikir tinggi. Higher Order Thinking Skills (HOTS) adalah suatu proses berpikir peserta didik dalam tingkat kognitif yang lebih tinggi yang dikembangkan dari berbagai metode pembelajaran kognitif dan taksonomi pembelajaran seperti metode problem solving; taksonomi bloom; dan taksonomi pembelajaran, pengajaran, dan konsep. Berdasarkan permasalahan yang terjadi untuk mempermudah pembelajaran secara online (daring) diperlukan media yang relevan, dengan menggunakan media aplikasi Quizizz dan Kahoot yang bernilai edukasi dan diharapkan peserta didik dapat belajar dengan inovatif sehingga akan lebih mempermudah dalam melaksanakan pembelajaran. Dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan multimedia lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil tes kelas eksperimen (78,67) lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol (56,48). Selain itu jumlah peserta didik yang tuntas pada kelompok eksperimen lebih banyak dibandingkan dengan kelompok kontrol yaitu 19 peserta didik pada kelompok eksperimen dengan persentase ketuntasan 79,17% dan pada kelompok kontrol 4 peserta didik dengan persentase ketuntasan 16%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Game; HOTS; Instrumen; Pembelajaran Jarak Jauh
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Distance Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 07 Jul 2023 06:15
Last Modified: 07 Jul 2023 06:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59523

Actions (login required)

View Item View Item