Pengaruh Virtual Laboratory Berbasis Flash Animation Terhadap Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Tema Optik Kelas VIII SMP
Arif Widiyatmoko, FMIPA P IPA (2016) Pengaruh Virtual Laboratory Berbasis Flash Animation Terhadap Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Tema Optik Kelas VIII SMP. Unnes Science Education Journal, 5 (3). ISSN ISSN 252-6232
PDF
- Published Version
Download (505kB) |
Abstract
Ketersedian alat-alat praktikum dalam pembelajaran IPA sangat dibutuhkan untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 10 Semarang intensitas praktikum rendah karena ketiadaan alat-alat praktikum yang mendukung dalam kegiatan pembelajaran. Intensitas praktikum yang rendah mengakibatkan rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik. Keterampilan berpikir kritis menjadi salah satu variabel yang turut mempengaruhi pemahaman konsep peserta didik. Ketersediaan alat-alat praktikum yang tidak lengkap menuntut guru untuk tetap dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran yang dapat mendukung peserta didik untuk dapat melakukan praktikum secara virtual. Media pembelajaran yang dapat mendukung pelaksanaan praktikum secara virtual adalah virtual laboratory. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui pengaruh virtual laboratory berbasis flash animation terhadap pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada tema optik kelas VIII SMP. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besar korelasi pemahaman konsep peserta didik adalah 0,660 yang menunjukkan dalam kategori kuat dan hasil analisis korelasi keterampilan berpikir kritis peserta didik sebesar 0,729 berdasarkan data observasi dan 0,69 berdasarkan data posttest yang menunjukkan dalam kategori kuat. Pengaruh dari penggunaan virtual laboratory berbasis flash animation terhadap pemahaman konsep peserta didik sebesar 43,53%, sedangkan pengaruh dari penggunaan virtual laboratory berbasis flash animation terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik sebesar 53,14% berdasarkan data observasi dan 47,06% berdasarkan data posttest. Kesimpulannya adalah bahwa terdapat pengaruh virtual laboratory berbasis flash animation terhadap pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Virtual laboratory; flash animation; understanding concepts; critical thinking skills. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 02:34 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 02:34 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59508 |
Actions (login required)
View Item |