Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berstrategi “React” Terhadap Hasil Belajar Kimia


Sigit Priatmoko, FMIPA Kimia (2019) Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berstrategi “React” Terhadap Hasil Belajar Kimia. Chemistry in Education, 8 (1). ISSN 2252-6609

[thumbnail of 44. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing.pdf] PDF - Published Version
Download (944kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berstrategi “REACT” terhadap khasil belajar kelarutan dan hasil kali kelarutan. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi afektif dan psikomotorik, angket tanggapan siswa, dan soal pre test-post test. Desain penelitian control group pre test-post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 – XI IPA 4 SMA Negeri 3 Semarang tahun ajaran 2012/2013. Pengambilan sampel secara cluster random sampling. Hasil analisis akhir didapat pencapaian standar kelulusan kompetensi kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Uji korelasi diperoleh koefisien korelasi biserial (rb) sebesar 0,52 dan thitung 3,7 lebih dari 2,01 dengan taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan 64. Hasil perhitungan diperoleh koefisien determinasi sebesar 27%. Rata-rata nilai afektif dan psikomotorik kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berstrategi “REACT” berpengaruh terhadap hasil belajar kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI IPA SMA N 3 Semarang

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Guided Inquiry; “REACT”;Strategelly; Learning Result.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:49
Last Modified: 06 Jul 2023 03:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59424

Actions (login required)

View Item View Item