Analisis Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran Hidrolisis Berbantuan Metode Blended Learning Berbasis Inkuiri Terbimbing


Sigit Priatmoko, FMIPA Kimia (2019) Analisis Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran Hidrolisis Berbantuan Metode Blended Learning Berbasis Inkuiri Terbimbing. Chemistry in Education, 8 (2). ISSN 2252-6609

[thumbnail of 45. Analisis Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Hasil observasi menunjukkan bahwa pembelajaran di sekolah umumnya cenderung mengarahkan peserta didik untuk menghafal informasi, cenderung malas dalam hal perhitungan, belum aktif dan belum paham materi secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil pemahaman konsep peserta didik pada materi Hidrolisis yang pembelajarannya menggunakan metode blended learning berbasis inkuiri terbimbing. Profil pemahaman konsep peserta didik menggunakan tes diagnostik three­tier multiple choice. Jenis penelitian ini adalah penelitian campuran. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 SMAN 2 Demak, diambil dengan teknik purposive sampling dengan pertimbangan guru, kebutuhan peneliti dan tidak menggunakan kelas pembanding. Hasil analisis pemahaman konsep peserta didik secara klasikal pada pembelajaran Hidrolisis menunjukkan bahwa profil pemahaman konsep peserta didik kelas XI MIPA 2 di SMAN 2 Demak dengan kategori paham konsep sebanyak 68%, miskonsepsi sebanyak 30%, menebak sebanyak 1% dan tidak paham sebanyak 1%. Saran dari penelitian ini yaitu sebaiknya dilakukan penelitian dengan sampel yang lebih banyak dan metode blended learning lebih ditingkatkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Blended Learning, concept understanding, three­tier multiple choice test.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Jul 2023 01:10
Last Modified: 06 Jul 2023 01:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59387

Actions (login required)

View Item View Item