MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS RISET (PBR
Kurotul Aeni, - (2019) MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS RISET (PBR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PGSD FIP UNNES 2019 “Tantangan Pendidikan Abad 21 dalam Meningkatkan Kualitas Pendidik dan Generasi Muda di Era Digital ”. pp. 21-26. ISSN 978-602-0747-15-6
PDF (Article)
Download (1MB) |
|
PDF (Turnitin)
Download (48MB) |
Abstract
Upaya menghasilkan lulusan yang berkualitas, alternatif pembelajaran yang sesuai bagi mahasiswa perlu dipikirkan, dipelajari dan dipraktekkan. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari bagaimana model pembelajaran berbasis riset yang sesuai dengan kondisi satuan pendidikan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui studi kepustakaan dengan menelusuri sumbersumber literatur pada jurnal konseptual maupun hasil penelitian yang berkaitan dengan model pembelajaran berbasis riset diperguruan tinggi, selanjutnya dianalisis isi untuk mengembangkan model. Hasil penelitian menemukan cara untuk mempermudah penerapan pembelajaran berbasis riset melalui tiga tahap klasifikasi. Tahap pertama, pengembangan wawasan riset dosen mahasiswa, Tahap kedua, memberikan tugas riset skala kecil, tahap ketiga yaitu pengembangan riset lanjut. Di Indonesia hal ini dapat dikatakan baru, maka dapat dimulaidaritahap pertama dan berkelanjutan ke tahap lanjut jika sumber daya mendukung.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perguruan tinggi, pembelajaran, riset |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Model L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 04:38 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 04:38 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59345 |
Actions (login required)
View Item |