Faktor Minat Laki-Laki Memilih Profesi Guru PAUD


Ali Formen, - and Yuli Kurniawati Sugiyo Pranoto, FIP PAUD (2022) Faktor Minat Laki-Laki Memilih Profesi Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (5). ISSN 2356-1327

[thumbnail of Article] PDF (Article)
Download (403kB)
[thumbnail of Turnitin] PDF (Turnitin)
Download (2MB)

Abstract

Rendahnya kehadiran guru laki-laki di ranah pendidikan anak usia dini menjadi permasalahan penting bagi perkembangan anak usia dini terkhusus dalam hal perkembangan gender. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi minat laki-laki memilih profesi guru PAUD. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PAUD laki-laki di Indonesia, sedangkan sampel penelitian adalah sampel tersedia sebanyak lima orang guru PAUD laki-laki dengan status di satuan PAUD dan lama mengajar yang berbeda. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara untuk memperoleh informasi mengenai faktor minat laki-laki memilih profesi guru PAUD. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan metode coding melalui tahapan open coding, axial coding dan selective coding. Hasil penelitian menunjukan bahwa minat laki-laki memilih profesi guru PAUD dapat dilihat melalui tiga sudut pandang. Penelitian ini memberikan informasi kebaharuan prihal pentingnya kehadiran guru laki-laki bagi anak usia dini ditengah rendahnya kehadiran guru PAUD laki-laki di Indonesia, dengan diketahuinya faktor minat guru laki-laki memilih profesi guru PAUD akan mampu memberikan stimulus dan bahan pengambilan kebijakan bagi pemangku kebijakan untuk meningkatkan kehadiran guru PAUD laki-laki.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: guru laki-laki; minat; pendidikan anak usia dini.
Subjects: L Education > L Education (General) > Performance of Teachers
L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2023 15:17
Last Modified: 26 Jun 2023 15:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/59170

Actions (login required)

View Item View Item