(ABSTRAK) PENGGUNAAN MUSIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SENI DI TAMAN KANAK – KANAK Hj. ISRIATI BAITURRAHMAN 1 SEMARANG
Indra Wicaksono , 2503406019 (2011) (ABSTRAK) PENGGUNAAN MUSIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SENI DI TAMAN KANAK – KANAK Hj. ISRIATI BAITURRAHMAN 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF ((ABSTRAK) PENGGUNAAN MUSIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SENI DI TAMAN KANAK – KANAK Hj. ISRIATI BAITURRAHMAN 1 SEMARANG)
- Published Version
Download (120kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan anak usia dini merupakan langkah awal untuk menuju pendidikan formal yang sesungguhnya, dalam pendidikan perlu adanya pembelajaran yang dapat mengembangkan anak usia dini agar dapat berguna dimasa depannya. Oleh karena itu musik disini sangat penting karena dapat berperan sebagai media atau alat untuk membelajarkan materi yang akan disampaikan oleh guru. Permasalahan yang akan diteliti adalah bagaimanakah musik digunakan sebagai media pembelajaran di Taman Kanak – Kanak Hj. Isriati ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan tentang penggunaan musik sebagai media pembelajaran di Taman Kanak – Kanak Hj. Isriati. Manfaat penelitian ini adalah sebagai bahan pertimbangan bagi guru TK agar nantinya dapat meningkatkan potensi anak didiknya. Pendekatan penelitian yang diterapkan adalah deskriptif kualitatif yang dilakukan pada bulan Desember sampai dengan bulan Januari 2011. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, sajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa di TK Hj.Isriati musik sering digunakan sebagai media pembelajaran, yang mencakup pengembangan pembentukan prilaku dan pengembangan kemampuan dasar yang terdiri dari daya cipta, kemampuan berbahasa, pengetahuan, jasmani dan rohani. Semua aspek-aspek pengembangan tersebut akan lebih mudah dilaksanakan dengan menggunakan media musik yang befokus pada bernyanyi dan bermain alat musik. Selain itu proses pembelajaran seni musik juga menjadi mudah dan tepat sasaran. Yang difokuskan pada pembelajaran musik adalah unsur-unsur musik, yaitu irama,melodi,ritme. Ketiga unsur itu dapat dipahami dan dimengerti dengan mudah oleh siswa TK Hj.Isriati. Saran yang penulis ungkapkan adalah agar guru Taman Kanak-Kanak lebih berinovasi dalam menambah materi ajar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | seni, musik, taman kanak-kanak |
Subjects: | M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 19 Oct 2011 07:52 |
Last Modified: | 19 Oct 2011 07:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5906 |
Actions (login required)
View Item |