(ABSTRAK) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KOMPETENSI KEJURUAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SISWA KELAS X JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK BINA NEGARA GUBUG


Nur Halimah , 7101406664 (2011) (ABSTRAK) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KOMPETENSI KEJURUAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SISWA KELAS X JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK BINA NEGARA GUBUG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KOMPETENSI KEJURUAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SISWA KELAS X JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK BINA NEGARA GUBUG]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KOMPETENSI KEJURUAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SISWA KELAS X JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK BINA NEGARA GUBUG) - Published Version
Download (72kB) | Preview

Abstract

Usaha sekolah kejuruan untuk menghasilkan SDM yang berkualitas adalah melalui pendidikan dan pengalaman sekaligus berkompeten dalam pendidikan.Motivasi berfungsi sebagai pendorong usaha pencapaian prestasi. Dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran sebagai upaya peningkatan motivasi belajar dan kelengkapan fasilitas belajar yang ada. Berdasarkan observasi yang dilakukan presatasi belajar mata pelajaran KK.AP siswa kelas XAP masih banyak siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh motivasi belajar dan failitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Kompetensi Kejuruan Administrasi Perkantoran siswa kelas X jurusan Administrai Perkantoran SMK Bina Negara Gubug, baik secara parsial maupun simultan.Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, 2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa, 3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran kompetensi kejuruan administrasi perkantoran (KK.AP) siswa kelas X jurusan administrasi perkantoran SMK Bina Negara Gubug. Populasi pada penelitian ini berjumlah 43 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metode pengolahan dan analisis data menggunakan deskriptif persentase dan regresi linier berganda. Hasil uji regresi linier berganda menunjukkan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar dengan taraf signifikansi 0,007<0,05. Fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar dengan taraf signifikansi 0,032<0,05. Motivasi belajar dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar dengan taraf signifikansi 0,000<0,05. Kesimpulan yang dapat diambil berdasarkan hasil penelitian adalah Ada pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar, jika motivasi belajar siswa semakin besar maka semakin meningkat prestasi siswanya. Ada pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar, jika semakin lengkap fasilitas belajar yang ada semakin meningkat pula prestasi belajar siawa. Ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar siswa dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar, sehingga semakin tinggi motivasi belajar serta semakin lengkap fasilitas belajar maka semakin meningkat pula prestasi siswanya. Saran yang diajukan bedasarkan hasil penelitian antara lain (1) Hendaknya guru menambah penggunaan perpusakaan dalam menambah pemberian tugas agar dapat membangkitkan minat siswa untuk belajar lebih giat dan memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh sekolah. (2) Sekolah hendaknya menambah alat bantu dalam laboratorium praktik sehingga peralatan yang dibutuhkan dalam belajar mata pelajaran Kompetensi Kejuruan Administrasi Perkantoran membantu mengatasi kesulitan dalam belajar.(3) Sekolah hendaknya menambah jumlah alat sesuai jumlah siswa dan menyiapkan alat-alat praktik yang memadai agar mempermudah proses belajar mengajar. (4) Untuk penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan prestasi belajar siswa, di sarankan agar mengembangkan variabel bebas lain seperti minat, lingkungan belajar, penguasaan mata pelajaran, dan kebiasaan membaca buku, karena prestasi belajar sangat banyak di pengaruhi faktor lain selain yang di kaji dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Motivasi Belajar, Dan Fasilitas Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2011 07:13
Last Modified: 19 Oct 2011 07:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5903

Actions (login required)

View Item View Item