Efektivitas Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Pembelajaran Mitigasi Bencana Banjir Kelas Xi Di Sman 6 Kabupaten Tangerang


Erni Suharini, FIS Pendidikan Geografi (2023) Efektivitas Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Pembelajaran Mitigasi Bencana Banjir Kelas Xi Di Sman 6 Kabupaten Tangerang. Edu Geography, 11 (1). ISSN 2252-6684

[thumbnail of 17. Efektivitas Model Pembelajaran Snowball Throwing.pdf] PDF - Published Version
Download (243kB)

Abstract

Bencana merupakan peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengganggu dan mengancam kehidupan masyarakat. Upaya pengurangan risiko wilayah rawan bencana, salah satunya dengan pendidikan kebencanaan yang terintegrasi dengan sektor pendidikan formal yang dapat dikaitkan pada kurikulum mata pelajaran geografi. Akan tetapi pelaksanaan pembelajaran geografi memiliki kendala pada model pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengetahuan siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran, tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran snowball throwing, faktor pendorong dan penghambat pembelajaran Mitigasi Bencana Banjir, dan analisis efektivitas model pembelajaran snowball throwing. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode quasi experimental. Sampel penelitian yaitu kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Analisis hasil data penelitian menggunakan statistik deskriptif, deskriptif persentase, dan uji t-test. Hasil analisis data yang diperoleh, menunjukkan bahwa pengetahuan siswa kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata pretest 57,30 kemudian mengalami peningkatan nilai rata-rata post test menjadi 83,40. Sementara pada kelas kontrol memiliki nilai rata-rata pretest 57,60 kemudian mengalami peningkatan nilai rata-rata post test menjadi 74,30. Nilai kelompok post test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dua kelompok penelitian memiliki perbedaan yang signifikan. Keberhasilan dalam penggunaan model pembelajaran snowball throwing berdasarkan respon siswa yang menciptakan respon positif. Sementara berdasarkan observasi penilaian unjuk kerja dengan model pembelajaran snowball throwing menunjukan perilaku aktif saat proses pembelajaran. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran snowball throwing lebih efektif daripada model pembelajaran jigsaw terhadap pembelajaran mitigasi bencana banjir

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Snowball Throwing, Mitigasi Bencana Banjir
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Disaster Mitigation
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 29 May 2023 02:40
Last Modified: 29 May 2023 02:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58845

Actions (login required)

View Item View Item