KREATIVITAS SISWA MEMBUAT PRODUK KERAJINAN DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIK KERAJINAN ANORGANIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 8 SEMARANG


Dwi Agustin Angelina, .5401418022 (2022) KREATIVITAS SISWA MEMBUAT PRODUK KERAJINAN DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIK KERAJINAN ANORGANIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 8 SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5401418022 - Dwi Agustin Angelina.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kreativitas merupakan kemampuan diri dengan kecenderungan menciptakan sesuatu yang baru atau menginovasi sesuatu yang telah ada sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk membahas dan mengetahui tingkat kreativitas siswa melalui penilaian produk kerajinan anorganik hasil dari praktik kerajinan anorganik, Praktik kerajinan anorganik adalah implementasi dari pelajaran prakarya pada bab kerajinan limbah anorganik serta mengukur kualitas produk kerajinan anorganik yang telah dihasilkan siswa. Penelitian ini menggunakan variable independen yaitu kreativitas siswa membuat produk kerajinan anorganik. Variabel dependennya adalah kualitas produk kerajinan anorganik. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas 7 di SMP N 8 Semarang. Sampel dilakukan dengan metode random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi terhadap produk kerajinan siswa dan wawancara kepada guru prakarya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas siswa dalam membuat produk kerajinan anorganik dalam kategori baik dengan 28 siswa memperoleh nilai 80-89 atau jika di presentasekan sebanyak 87,5%. Berdasarkan hasil menunjukan bahwa kreativitas siswa dalam membuat produk mempengaruhi kualitas dari hasil kerajinan anorganik. Terbukti dengan kategori sedang sebanyak 20 siswa atau 62,5% dari keseluruhan siswa. Berdasarkan hasil tersebut maka kreativitas siswa dalam membuat kerajinan anorganik berjalan dengan baik dan dapat menghasilkan produk kerajinan anorganik dengan kualitas yang baik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan untuk mengetahui dan menilai kreativitas siswa dalam membuat kerajinan anorganik pada praktik kerajinan anorganik mata pelajaran prakarya. Maka, tingkat kreativitas siswa yang diukur dari aspek ide/gagasan, produk jadi dan penguasaan teknik menunjukan dalam kategori baik. Sehingga ini dapat membuktikan bahwa kreativitas siswa dalam membuat produk kerajinan anorganik yaitu baik. Pada kreativitas siswa juga mempengaruhi kualitas produk yang di hasilkan dengan kategori sedang, ini berarti bahwa kreativitas siswa juga mempengaruhi kualitas produk kerajinan anorganik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Kerajinan Anorganik, Pembelajaran Praktik
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY1 Kesejahteraan Keluarga S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 17 May 2023 04:00
Last Modified: 17 May 2023 04:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58489

Actions (login required)

View Item View Item