Analisis Tingkatan Kognitif Tes Kemampuan Membaca (Compréhension Écrite) DELF A2 Tahun 2007 dan Tahun 2010=Mémoire. L’Analyse des niveaux cognitifs du test compréhension écrite DELF A2 de l’année 2007 et 2010.


Kiptiyani , 2301405042 (2011) Analisis Tingkatan Kognitif Tes Kemampuan Membaca (Compréhension Écrite) DELF A2 Tahun 2007 dan Tahun 2010=Mémoire. L’Analyse des niveaux cognitifs du test compréhension écrite DELF A2 de l’année 2007 et 2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Tingkatan Kognitif Tes Kemampuan Membaca (Compréhension Écrite) DELF A2 Tahun 2007 dan Tahun 2010]
Preview
PDF (Analisis Tingkatan Kognitif Tes Kemampuan Membaca (Compréhension Écrite) DELF A2 Tahun 2007 dan Tahun 2010) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Aktivitas membaca dalam proses pembelajaran bahasa asing merupakan hal yang kompleks karena pada saat membaca terjadi alih informasi kedalam bahasa pembelajar dan juga terjadi pengembangan penguasaan kosakata, tata bahasa serta wacana akan bahasa asing yang sedang dipelajari tersebut.Pembelajar memerlukan proses berpikir yang kompleks juga dalam mengerjakan soal tes DELF Compréhension Écrite.Proses berpikir atau disebut dengan istilah ranah kognitif terbagi dalam enam tingkat proses berpikir, mulai dari tingkat terendah sampai dengan tingkat yang paling tinggi, yaitu tingkat ingatan, tingkat pemahaman, tingkat penerapan, tingkat analisis, tingkat sintesis, dan tingkat evaluasi.Oleh karena itu perlu dilakukan analisis soal tes DELF Compréhension Écrite pada tingkatan kognitifnya. Tingkat A2 dipilih karena diasumsikan teks pada soal tes kemampuan membaca DELF A2 lebih berkembang daripada teks pada soal tes kemampuan membacaDELF A1, sehingga tingkatan kognitifnya juga lebih bervariasi dibandingkan tingkat A1. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkatan kognitif yang terdapat dalam tes kemampuan membaca (compréhension écrite) DELF A2tahun 2007 dan 2010,dan untuk mengetahui proporsinya pada tahun 2007 dan 2010. Penelitianini menggunakan analisis isi sebagai pendekatan penelitiannya, yaitu melakukan analisis terhadap tingkatan kognitif teskemampuan membaca DELF A2 tahun 2007 dan 2010. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari butir-butir soalteskemampuan membacaDELF A2 tahun 2007 dan 2010.Teknik pengumpulan datanya adalah teknik pustaka karena data diperoleh dari sumber tertulis yaitu soal tes kemampuan membacaDELF A2. Analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu hasil analisis diuraikan berupa rangkaian katakata dan bukanlah berupa angka-angka. Hasil analisis tingkatan kognitif yang terdapat dalam butir-butir soal tes kemampuan membaca DELF A2 tahun 2007 dan 2010 menunjukkan bahwa Tidak semua tingkatan kognitif muncul, hanya empat dari enam tingkatan kognitif yaitu ingatan, pemahaman, aplikasi dan analisis. Proporsi persebaran tingkatan kognitifnya adalah sama, yaitu 27,3 % ingatan,45,5 % pemahaman, 9,1 % aplikasi dan 18,2 % analisis. Tingkatan kognitif yang lebih banyak mucul adalah pemahaman dan ingatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: membaca, DELF, analisis tingkatan kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PB Modern European Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 19 Oct 2011 01:03
Last Modified: 25 Apr 2015 06:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5846

Actions (login required)

View Item View Item