PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, KEPERCAYAAN DIRI, DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS PRAU KECAMATAN NGADIREJO KABUPATEN TEMANGGUNG
Lilis Damayanti, 1401418432 (2022) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, KEPERCAYAAN DIRI, DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS PRAU KECAMATAN NGADIREJO KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan data pra penelitian yang diperoleh bahwa motivasi belajar, kepercayaan diri, dan efikasi diri siswa kelas IV SD Negeri Gugus Prau Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung masih rendah, serta kemampuan berpikir kritis matematika masih perlu ditingkatkan lagi. Tujuan penelitian ini yaitu (1) menguji pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IV SD Negeri Gugus Prau Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung; (2) menguji pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IV SD Negeri Gugus Prau Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung; (3) menguji pengaruh efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IV SDN Gugus Prau Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung; (4) menguji pengaruh motivasi belajar, kepercayaan diri, dan efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IV SDN Gugus Prau Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan jumlah populasi sebanyak 143 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan propotional random sampling sebanyak 105 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan kemampuan berpikir kritis matematika diperoleh nilai koefisien korelasi 0,652; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri dengan kemampuan berpikir kritis matematika diperoleh nilai koefisien korelasi 0,755; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara efikasi diri dengan kemampuan berpikir kritis matematika diperoleh nilai koefisien korelasi 0,687; (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar, kepercayaan diri dan efikasi diri dengan kemampuan berpikir kritis matematika diperoleh nilai koefisien korelasi 0,740. Simpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh motivasi belajar, kepercayaan diri, dan efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IV SDN Gugus Prau Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung. Saran dalam penelitian ini yaitu guru lebih mengoptimalkan motivasi belajar, kepercayaan diri dan efikasi diri dalam diri siswa sehingga mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, kepercayaan diri, efikasi diri dan kemampuan berpikir kritis matematika. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 15 May 2023 03:31 |
Last Modified: | 15 May 2023 03:31 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58410 |
Actions (login required)
View Item |