KARAKTERISTIK GAMBAR IMAJINATIF SISWA KELAS II DI SD NEGERI SINDANG 02 KABUPATEN TEGAL
Imam Mudzakir Fauzi, 1401418345 (2022) KARAKTERISTIK GAMBAR IMAJINATIF SISWA KELAS II DI SD NEGERI SINDANG 02 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Karakteristik merupakan sesuatu yang mempunyai makna yang khas, unik serta terdapat perbedaan antara satu dan lainnya. Menggambar adalah kegiatan untuk menngungkapkan apa yang ingin disampaikan di dalam hati atau pikiran seseorang. Menggambar menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh anak-anak terutama pada kelas awal. Gambar imajinatif adalah salah satu contoh karya seni rupa di kelas awal tepatnya di kelas II dan setiap anak memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Tujuan Penelitian ini adalah Mendeskripsikan Proses Menggambar Imajinatif Siswa Kelas II, Mendeskripsikan Hasil Menggambar Imajinatif Siswa kelas II; (3) Mendeskripsikan Karakteristik Gambar Imajinatif Berdasarkan Jenis Kelamin Pada Siswa Kelas II di SD Negeri Sindang 02 Kabupaten Tegal. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian: (1) Proses menggambar imajinatif guru menghubungkan mata pelajaran lain, mengajarkan materi sesuai perkembangan anak dan menggunakan metode ekspresi bebas; (2) Hasil menggambar imajinatif adalah memberikan nilai pada siswa kemudian dari hasil nilai tersebut gambar yang paling bagus dan nilainya tinggi akan di tempelkan di dinding kelas; (3) Karakteristik gambar imajinatif kelas II Gambar X-ray dimiliki oleh 7 siswa, gambar rebahan 3 siswa, perspektif burung dimiliki oleh 32 siswa, realistis 10 siswa dan gambar tumpang tindih berjumlah 7 siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka kesimpulannya adalah guru menerapkan azas korelasi, guru memberikan apresiasi dan Karakteristik gambar imajinatif pada siswa laki-laki yang dominan adalah perspektif burung yaitu sebanyak 54 % dan paling sedikit tumpang tindih sebanyak 3 % sedangkan dari siswa perempuan adalah paling dominan yaitu perspektif burung sebanyak 56 % dan paling sedikit rebahan sebanyak 3%. Saran pada penelitian ini adalah siswa diharapkan dapat meningkatkan kemampuannya dalam kegiatan menggambar sehingga dapat memunculkan kreativitas, Guru dapat menggunakan media pembelajaran dalam mengajarkan materi menggambar imajinatif, Penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi bagi peneliti selanjutnya yang berhubungan dengan seni rupa khusunya karakteristik gambar imajinatif siswa Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakteristik, Gambar Imajinatif |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 15 May 2023 03:09 |
Last Modified: | 15 May 2023 03:09 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58404 |
Actions (login required)
View Item |