Efektivitas Layanan Penguasaan Konten dan Self-Regulated Learning untuk Menurunkan Prokrastinasi Akademik.
Sunawan, FIP Bimbingan Konseling (2019) Efektivitas Layanan Penguasaan Konten dan Self-Regulated Learning untuk Menurunkan Prokrastinasi Akademik. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 8 (2). ISSN 2252 - 6374
PDF
- Published Version
Download (261kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan keefektifan layanan penguasaan konten dengan topik self-regulated learning untuk menurunkan tingkat prokrastinasi akademik siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one group pre-test dan post-test. Subjek penelitian ini adalah seluruh populasi siswa kelas X Is 3(N= 38 orang siswa). Data dikumpulkan menggunakan skala prokrastinasi akademik siswa dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif serta uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat prokrastinasi akademik siswa menurun secara signifikan melalui layanan penguasaan konten dengan menggunakan topic self- regulated learning (0,00<0,01) yang jika disimpulkan self-regulated learning efektif untuk menurunkan prokrastinasi melalui layanan penguasaan konten.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Layanaan Penguasaan Konten; Tingkat Prokrastinasi Akademik; Self-Regulated Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 15 May 2023 01:14 |
Last Modified: | 15 May 2023 01:14 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58366 |
Actions (login required)
View Item |