Efektivitas Penggunaan Animasi Komputer Program Macromedia Flash Mx Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Ekonomi Pada Pokok Bahasan Pelaku Ekonomi Indonesia Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Ambarawa Tahun Ajaran 2010/2011


Hadi Setiawan , 7101406543 (2011) Efektivitas Penggunaan Animasi Komputer Program Macromedia Flash Mx Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Ekonomi Pada Pokok Bahasan Pelaku Ekonomi Indonesia Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Ambarawa Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Penggunaan Animasi Komputer Program Macromedia Flash Mx Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Ekonomi Pada Pokok Bahasan Pelaku Ekonomi Indonesia Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Ambarawa Tahun Ajaran 201]
Preview
PDF (Efektivitas Penggunaan Animasi Komputer Program Macromedia Flash Mx Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Ekonomi Pada Pokok Bahasan Pelaku Ekonomi Indonesia Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Ambarawa Tahun Ajaran 201) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SMP Negeri 4 Ambarawa pada mata pelajaran ekonomi terlihat kegiatan belajar mengajar guru masih menggunakan metode ceramah dan belum memanfaatkan media yang berbasis komputer. Dalam kegiatan pembelajaran siswa cenderung pasif,beberapa siswa saja yang terlihat aktif. Berdasarkan hal tersebut digunakanlah media pembelajaran Macromedia Flash MX mata pelajaran ekonomi pokok bahasan Pelaku Ekonomi Indonesia sebagai salah satu media pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah diketahui data awal bahwa pembelajaran dikelas VIII C memiliki indikasi belajarnya masih rendah. Dengan rata-rata hasil belajar 68,83 dan ketuntasan klasikalnya mencapai 58,33.tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana sejauh mana efektivitas penggunaan multimedia animasi komputer program Macromedia Flash MX dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 4 Amabarawa Tahun 2010/2011. Prosedur penelitian ini merupakan siklus kegiatan yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal evaluasi tiap akhir siklus dan lembar observasi untuk siswa dan guru serta angket tanggapan siswa terhadap pembelajaran. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 67,11 dengan ketuntasan klasikal 63,89%. Rata-rata hasil belajar siklus II sebesar 73,28 dengan ketuntasan klasikal 80,56. Rata-rata hasil belajar siklus III sebesar 80,39 dengan ketuntasan klasikal 94,44. Adapun hasil observasi pengelolaan pembelajaran siklus I sebesar 75,00. Hasil observasi pengelolaan pembelajaran siklus II sebesar 82,50. Hasil observasi pengelolaan pembelajaran pada siklus III sebesar 86,81. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa proses pembelajaran mata pelajaran IPS ekonomi pokok bahasan pelaku ekonomi Indonesia menggunakan media animasi komputer program Macromedia Flash Mx berjalan efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Ambarawa. Saran yang berkaitan dalam penelitian ini yaitu: hendaknya guru dalm menyampaikan materi sebaiknya disertai dengan media pembelajaran yang berbasis komputer,sehingga akan membantu guru dalam menyampaikan materi kepada siswa, dengan demikian proses pembelajaran akan lebih menarik, efektif, dan efisien

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Media, Macromedia Flash Mx, dan hasil belajar.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 19 Oct 2011 00:26
Last Modified: 25 Apr 2015 06:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5822

Actions (login required)

View Item View Item